Makan Ceker Ayam, Berbahayakah?

Ceker ayam
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Siapa dari Anda yang gemar makan ceker ayam? Bagaimana rasanya? Enak? Ya, meski demikian, ternyata ada sebagian orang yang justru berpikir, memakan kaki ayam adalah hal yang jorok.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Sebab, seperti kita ketahui bersama, kaki ayam semasa hidup sering menginjak tempat-tempat kotor.

Sehingga, ketika ia mati dan siap dimakan, tetap ada bayangan tak sedap di benak kita, tentang si kaki ayam, meskipun ia telah dicuci bersih. Namun, dari sisi kesehatan, apakah makan ceker ayam berbahaya? 

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Menjawab hal ini, dr Nina Amelia, perwakilan dari laman Meetdoctor memberi penjelasan. Menurutnya standar kesehatan dari ceker, atau kaki ayam bergantung pada bagaimana produsen mengolahnya. "Selama ia berasal dari ayam segar, dibersihkan dan diolah dengan baik, serta cukup matang, maka aman mengonsumsi ceker ayam," ujarnya.
 
Nina menambahkan, konsumsi kaki ayam aman, karena kandungan lemaknya tidak terlalu banyak. Kandungan proteinnya pun cukup baik untuk kebutuhan tubuh. Namun, berhati-hatilah dalam memilih bahan mentah kaki ayam, yang akan diolah menjadi makanan.

"Maraknya penjualan ayam dalam bentuk bangkai dan ayam yang tidak terjaga kebersihannya, memiliki hubungan dengan bagaimana tingkat kebersihan kaki atau ceker ayam," tambahnya.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Jika ingin mengolah kaki, atau ceker ayam untuk dijadikan makanan untuk keluarga di rumah, sebelumnya pastikanlah tempat membeli bahan mentah ayam terjamin kebersihannya.

"Lebih baik beli ayam mentah di supermarket, yang sudah jelas kebersihannya. Setelah sampai di rumah pun, pastikan proses pembersihan kaki ayam resik, jika bisa mencucinya dilakukan berulang-ulang agar kebersihan terjaga," kata Nina.

Menutup penjelasannya, ia katakan, memakan ceker ayam, aman, dan sehat selama kebersihan bahan mentahnya higienis. Sisanya, jatuh pada selera. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya