Waspada, Radang Telinga Tengah Bisa Buat Anda Tuli

Ilustrasi mendengarkan suara.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Telinga merupakan satu dari panca indera yang berperan penting bagi manusia, yakni sebagai indera pendengaran. Maka, kesehatan telinga harus diperhatikan.

Perhatikan Tiga Hal Saat Bersihkan Telinga

Jika fungsi pendengaran terganggu, fungsi tubuh lain juga akan terganggu, terutama pada bagian hidung dan tenggorokan, sesuatu yang memiliki saluran yang berhubungan dengan telinga (saluran eustachius).

"Kesehatan telinga, sampai saat ini masih sering disepelekan oleh orang-orang. Padahal hal ini sangat penting untuk dijaga," ujar Prof. Dr. Zainul A. Djaafar, pada seminar mengenai kesehatan telinga, dalam rangka merayakan Hari Kesehatan Telinga Sedunia, di Jakarta, Kamis 5 Maret 2015.

Yang juga membuat gangguan telinga diremehkan, menurut Zainul ialah karena adanya rasa malu. Pasalnya, penyakit yang biasa dikenal dengan istilah congek ini, seringkali dikaitkan dengan hal jorok dan menjijikkan. "Padahal itu tidak ada hubungannya," ujar Zainul.

Radang telinga tengah, adalah infeksi yang terjadi di bagian tengah indera pendengaran. Hal ini bisa mengakibatkan gangguan ketulian. "Bila dibiarkan dan tidak ditangani, bisa menimbulkan komplikasi seperti sakit kepala, mudah pingsan, hingga yang paling parah, gangguan meningitis atau radang selaput otak," tambah sang profesor.

Gangguan pendengaran yang dalam hal medis dikenal dengan istilah Otitis Media, adalah gangguan yang tidak dapat diatasi dengan alat bantu dengar.

Penanganannya, menurut Zainul harus dilakukan dengan obat-obatan oral atau tetes telinga. Namun, bila komplikasi semakin parah tindakan yang seharusnya dilakukan dengan melakukan operasi bedah mikro telinga (BMT).

Tindakan pencegahan untuk Otitis Media, menurut Zainul bisa dilakukan dengan cara selalu mengawasi dan menjaga kesehatan telinga. "Ketika sudah mulai merasakan gatal atau tak nyaman pada telinga, maka telinga Anda sedang mengalami masalah. Penanganan dini, adalah solusi paling tepat untuk mengatasi penyakit ini. Ketika sakit, langsung periksa," pesan Zainul. (ren)

![vivamore="
Berbahaya Cotton Buds Bagi Telinga
Baca Juga :"]
Membantu Anak dengan Gangguan Pendengaran Meraih Mimpi



JJF 2015 Diisi Banyak Kolaborasi Musisi Ternama

[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya