Apa Benar Ear Candle Efektif Bersihkan Telinga?

Ilustrasi mendengarkan suara.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Bagi Anda yang akrab dengan salon-salon kecantikan, sedikit banyak pasti mengenal perawatan yang bernama Ear Candle. Perawatan yang melibatkan lilin khusus ini, menjanjikan telinga yang bersih dan terasa plong setelah penggunaan.

Perhatikan Tiga Hal Saat Bersihkan Telinga

Banyak salon kecantikan memromosikan perawatan ini demi menarik minat pasar. Namun, jika dilihat dari segi medis, apakah benar perawatan ini bisa membersihkan dan menyehatkan telinga? Menurut Prof. Dr. Zainul A. Djafaar, seorang Ahli THT- Bedah, penggunaan ear candle untuk membersihkan telinga hanya mitos. "Tidak ada kaitannya dengan kebersihan dan kesehatan telinga," ujarnya.

Jika ada yang mengiming-imingi akan kesehatan telinga karena perawatan ini, cobalah ditinjau kembali. Pasalnya, menurut Zainul, sampai saat ini belum ada penelitian dan tindak medis yang membuktikan bahwa penggunaan ear candle baik untuk telinga.

Berbahaya Cotton Buds Bagi Telinga

Zainul mengatakan, sensasi plong yang dirasakan ketika menjalani perawatan ini, datang dari rasa hangat yang diberikan oleh lilin yang dibakar dan diaplikasi ke dalam lubang telinga. Tapi faktanya, perawatan ini bisa berbahaya bagi kesehatan telinga.

"Risiko yang bisa terjadi ialah, bisa saja kertas alas yang dibakar malah masuk ke dalam telinga lebih membahayakan," ujar dokter ahli yang menjadi salah satu pendiri Rumah Sakit Khusus THT - Bedah KL Proklamasi, Jakarta Pusat ini.

Membantu Anak dengan Gangguan Pendengaran Meraih Mimpi

Menurut Zainul, untuk menjaga kesehatan telinga, sebaiknya perawatan ear candle ini tidak dilakukan. Karena keamanannya belum bisa dijamin. Jika ingin membersihkan telinga, lakukanlah dengan membersihkan cairan dan kotoran dengan cotton bud, yang bertekstur lembut dan lunak agar tidak menyebabkan iritasi telinga. "Tapi jangan dipaksakan karena bisa menyebabkan iritasi telinga," ujarnya menyarankan.

Apabila mendapati kotoran dalam telinga, jangan panik. Pasalnya, kotoran pada telinga, dalam jumlah yang sedikit justru berfungsi melindungi telinga dari kuman, bakteri, hingga mencegah masuknya benda asing seperti serangga.

Ketika sudah merasakan ada yang aneh pada telinga, cara yang paling tepat ialah dengan mengunjungi ahli THT terdekat, agar segera mendapat penanganan. "Penanganan dini, akan semakin mengoptimalkan hasil dari pengobatan telinga."

![vivamore="Baca Juga :"]



JJF 2015 Diisi Banyak Kolaborasi Musisi Ternama

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya