Empat Gangguan Tidur dan Solusinya

Mendengkur umumnya lebih banyak dialami oleh pria.
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id
Ini Bisa Terjadi Jika Remaja Kurang Tidur
- Anda yang memiliki segudang kesibukan, pasti akan sangat menghargai waktu tidur. Pasalnya pada saat tidur, tubuh dan pikiran kita yang lelah karena kegiatan yang menumpuk, akan beristirahat, yang kemudian akan aktif kembali, dengan performa lebih baik dari sebelumnya.

Peneliti Ungkap Bahaya Kurang Tidur Sama Seperti Mabuk
 
Studi: Wanita Butuh Lebih Banyak Tidur Dibanding Pria
Namun bagaimana jika kualitas tidur tidak bisa dinikmati karena adanya gangguan tidur? Lantas, apa saja sih gangguan tidur itu? Berikut ulasannya dikutip dari laman FastCompany:
 
Insomnia


Gangguan tidur ini, adalah gangguan yang sering terjadi, khususnya pada orang-orang sibuk. Pasalnya, gangguan tidur ini dipicu oleh tingkat stres yang melonjak tinggi. Selain stres, Insomnia juga bisa terjadi karena adanya sistim pengobatan tertentu, atau adanya konsumsi beberapa jenis obat-obatan.


Gejala yang terjadi saat mengalami gangguan ini ialah munculnya kecenderugan sulit tidur dan mengatur jendela tidur. Jika sudah parah, insomnia bisa menyebabkan beberapa gangguan pada tidur Anda.


Apnea


Istilah ini mungkin belum banyak dikenali oleh orang, namun gejalanya banyak yang merasakannya. Gejala Apnea, ditandai dengan munculnya rasa kantuk pada siang hari dengan intensitas dengkur yang sering. Sayangnya, banyak orang yang mengalami gangguan ini tak sadar bahwa mereka mengidap kelainan tidur ini.

 

Hal tersebut membuat penanganannya seringkali terlambat. Gangguan ini, bisa disembuhkan dengan perawatan dan terapi khusu yang menggunakan mesin uap.


Tidur berjalan

Bukan hanya di dalam drama atau film saja, tapi tidur berjalan, juga bisa terjadi di kehidupan nyata, penyebabnya tak lain adalah karena kualitas tidur yang bermasalah. Anda yang mengalami gangguan ini, akan memiliki kecenderungan berjalan-jalan ketika tidur, tanpa sadar dan mengetahui apa yang dilakukan selama hal itu terjadi.


Gangguan tidur ini, bisa dikurangi dengan cara membatasi jumlah minum sebelum tidur, terutama pada minuman beralkohol. Gangguan ini, dengan penanganan yang benar, akan hilang dengan sendirinya, dalam waktu yang tak begitu lama.


Mengikir gigi

Kebiasaan mengikir gigi sendiri di kala tidur, adalah gangguan tidur yang belum banyak diketahui orang. Sebagian besar orang menganggap remeh gangguan ini, karena kurangnya pengetahuan mengenai hal ini. Faktanya, mengikir gigi ketika tidur, atau yang biasa dikenal dengan istilah Bruxism ini terjadi karena tingkat stres tertentu yang dialami penderitanya.

 

Kebiasaan ini, menurut para ahli, bila dilakukan dalam jangka panjang, dapat mengganggu kesehatan gigi karena terjadinya pengeroposan pada lapisan luar gigi yang di kikir secara tidak sengaja ini. Untuk itu, segera konsultasikan kebiasaan ini, agar penanganannya bisa segera dilakukan. (ren)



![vivamore="
Baca Juga
:"]



JJF 2015 Diisi Banyak Kolaborasi Musisi Ternama

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya