Ini Cara Mengatasi Perilaku Buruk Anak

Anak sedang marah. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar
- Ketika menjelaskan anak untuk bersikap baik kepada orang lain, Anda mungkin perlu beberapa tips untuk melakukan hal tersebut. Biasanya, orang tua cenderung bingung mau mulai dari mana ketika ingin menjelaskan hal tersebut. 

Cara Nadia Mulya Disiplinkan Anak
Nah, ada situasi tertentu yang memberikan Anda kesempatan untuk memberitahu anak-anak apa yang baik dan apa yang dianggap sebagai perilaku buruk, berikut situasinya seperti dilansir laman Boldsky.

Menjelaskan Kematian pada Anak Usia Dini
Hindari merebut makanan

Jika Anda melihat anak Anda mencoba untuk mengambil makanan dari anak-anak lain, dengan lembut Anda jelaskan bahwa itu adalah perilaku buruk. Hal ini penting untuk mengekang perilaku buruk pada anak hingga ke tahap remaja. 

Hindari mencuri mainan

Ini adalah salah satu perilaku buruk. Ketika anak-anak bermain bersama, perhatikanlah mereka. Jika anak Anda tiba-tiba mencoba untuk mencuri mainan yang bagus dari anak tetangga, tangkap anak Anda dan hentikan dia dari melakukan hal tersebut. Orangtua harus memberitahu bahwa, mencuri maianan adalah hal yang buruk dan tidak boleh dilakukan. 

Hindari mengganggu anak lain

Anak-anak tidak mengetahui batas-batas dalam bermain. Jadi, mereka mungkin berpikir bahwa mereka memiliki hak dalam mengganggu anak lain. Ketika anak Anda melakukan hal tersebut, Anda bisa mengatakan bahwa hal tersebut tidak baik untuk dilakukan.

Mencubit

Ketika anak Anda bosan atau frustasi dengan situasi di sekolah, biasanya mereka mencubit orang lain. Pastikan anak Anda tidak melakukan hal ini, dan jelaskan kepada mereka bahwa hal ini tidak boleh dilakukan kepada orang lain.

Berteriak

Berteriak keras membantu anak-anak dalam melampiaskan rasa frustasi mereka. Mungkin membantu dia tenang, tapi orang lain di sekitar akan terganggu dengan hal ini. Pastikan bahwa anak Anda tidak berteriak yang dapat mengganggu orang lain. 

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya