Petualangan Kuliner Mewah dengan Suasana Era Kolonial

Filet De Bœuf, L'Avenue, The Hermitage Hotel
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha
VIVA.co.id
Mengungkap Rahasia Restoran dari Seorang Chef
- Makan malam adalah waktu di mana Anda bisa merayakan momen khusus bersama pasangan, keluarga atau orang terdekat Anda. Jika ingin menikmati santapan malam yang eksklusif dan berbeda dari biasanya, Anda bisa memilih fine dining khas Prancis.

China Miliki Restoran Resmi Pertama Hello Kitty
Salah satu restoran yang menawarkan hidangan fine dining yang patut Anda coba ialah L'Avenue, restoran yang terletak di hotel bernuansa karya seni era kolonial, The Hermitage Hotel, Menteng Jakarta Pusat.

Restoran Konsep Unik Menawarkan Kue Gratis
L Avenue Restaurant, The Hermitage Hotel

Restoran L'Avenue, The Hermitage Hotel. FOTO: VIVA.co.id/Tasya Paramitha

Restoran bergaya Prancis ini menawarkan beberapa set menu menarik yang bisa menjadi pilihan. Namun, yang menjadi andalan ialah Luxurious Degustation Menu yang merupakan sederet menu a la carte yang selama ini menjadi favorit para pengunjung restoran L'Avenue. Enam menu lezat tersebut diracik khusus oleh Chef Guillermo Varela Mata, sang Executive Chef.

"Spesifikasi saya adalah dalam bidang molecular gastronomy sehingga saya memasukkan elemen-elemen itu ke dalam beberapa menu ini," ujar Chef Guillermo yang juga merupakan Food and Beverage Director The Hermitage Hotel kepada VIVA.co.id saat ditemui beberapa waktu lalu.

Petualangan kuliner mewah akan dimulai dengan Amuse de Jour, hidangan selamat datang yang biasa dihidangkan di restoran fine dining Prancis yakni terdiri dari blini atau pancake asal Rusia yang bisa langsung dilahap dalam satu gigitan.

Selanjutnya ialah Soupe a L'oignon yang mana merupakan sup yang terbuat dari bawang bombay yang dihaluskan dan diberi bumbu-bumbu. Sup juga diberi roti panggang, lelehan keju mozzarella dan minyak truffle di bagian atas. Cita rasa bawang bombay yang kuat tidak terasa dalam sup ini. Bisa dibilang rasanya begitu smooth dan lembut, cocok untuk disantap sebagai hidangan pembuka.

Hidangan kedua yakni Saumon de Tasmanie Fume atau daging salmon Tasmania asap yang disajikan bersama krim rempah Fraiche, baby cress, crispy rice dan sedikit buah salak. Uniknya, penyajian hidangan ini begitu kental dengan molecular gastronomy dimana daging salmon dibawa ke meja Anda dengan ditutupi tabung besar berisi asap yang didapat dari kayu pohon apel. Saat menyantapnya, Anda dapat merasakan cita rasa dan aroma smokey apel seperti ter-infused ke dalam daging salmon.

Saumon de Tasmanie Fumé, restoran L Avenue, The Hermitage Hotel

Saumon de Tasmanie Fumé, restoran L'Avenue, The Hermitage Hotel.
FOTO: VIVA.co.id/Tasya Paramitha 

Masih hidangan pembuka, yang disajikan selanjutnya adalah Foie Gras Poele, hati angsa yang dimasak dengan cara di-seared dan disajikan bersama telur puyuh goreng, buah pir yang dibentuk kotak-kotak. Semuanya diletakkan di atas roti brioche panggang yang sedikit renyah di bagian luar. Hati angsanya begitu lezat dan meleleh di mulut. Ini karena hatinya dimasak dengan sempurna sehingga rasanya tidak seperti hati, melainkan masih mengandung lemak. 

Sebelum masuk ke hidangan utama, Anda akan diberi Sherbet, yang merupakan sorbet yang terbuat dari daun basil segar dan dihidangkan bersama beragam buah beru dan vanilla tuile. Rasa sorbet basil yang segar akan membersihkan mulut Anda agar bisa menikmati cita rasa yang ditawarkan oleh hidangan-hidangan utama selanjutnya.

Dua hidangan utama akan disajikan berturut-turut mulai dari Ravioles Au Legume yang terdiri dari pasta ravioli yang diisi bayam dan dihidangankan dengan udang, king scallop atau tiram dan crispy capers. Seluruh elemen dalam hidangan ini begitu selaras dan menciptakan sensasi gurih nan lezat di mulut.

Hidangan utama lainnya yakni Filet de Boeuf yang merupakan steak wagyu grain-fed tenderloin yang dimasak sesuai tingkat kematangan yang Anda inginkan dan disajikan bersama mashed potatoes, broccoli & roquefort dan diberi siraman saus bourguignonne khas Prancis.

Untuk menutup sesi makan malam ini, pengunjung juga akan disajikan L'oasis yakni es serut yang dibuat dari air kelapa dan dihidangkan bersama white chocolate, mango gel dan Azuki bean crumbs. Rasa gurih es kelapa berpadu dengan rasa asam mangga dan manisnya cokelat serta kacang Azuki khas Jepang. Pengunjung juga bisa menikmati pilihan kopi atau teh dan beberapa cokelat lezat untuk mengakhiri makan malam mewah ini. 

Luxurious Degustation Menu dapat dinikmati setiap hari di waktu makan malam. Untuk harga yang ditawarkan adalah sebesar Rp888 ribu per orang. Jika Anda ingin menikmatinya bersama wine sebagai pelengkap hidangan, biaya tambahannya sebesar Rp588 ribu.

Menu eksklusif lain yang bisa menjadi pilihan yakni Exquisite Set Menu Dinner yang terdiri dari tiga course set menu mulai dari hidangan pembuka, utama dan penutup yang dipilih dari a la carte menu seharga Rp488 ribu. Sedangkan untuk Hermitage Brunch, Anda dapat menikmati sajian semi prasmanan yang tersedia setiap hari Minggu pukul 11.30-15.00 WIB. Dengan membayar sebesar Rp450 ribu, berbagai pilihan poultry, beef, fish/seafood dapat Anda santap sebagai hidangan utama. 

L'Avenue Restaurant
The Hermitage Hotel
Jalan Cilacap No 1 Menteng, Jakarta Pusat.
Telp: 021 319 26888

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya