Studi: Kelebihan Vitamin D Picu Stroke

Kebiasan di pagi hari yang sangat baik.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Kurang Sinar Matahari Tingkatkan Risiko Diabetes
- Vitamin adalah kandungan yang sangat amat penting dan berguna bagi tubuh. Banyak manfaat dari vitamin yang menjaga keoptimalan tubuh dan menjaganya dari serangan penyakit. Salah satu yang memiliki manfaat penting ialah vitamin D.

Rupiah Mulai Perkasa Seiring Meredanya Konflik Israel-Iran
 
Codeblu Divonis Gegar Otak Ringan Sebelum Tanding dengan Chef Arnold
Vitamin D memiliki banyak kebaikan, yakni sebagai pelindung tulang, gigi, serta kulit kita. Mendapatkannya pun tak sulit, cukup dengan berjemur di hangatnya sinar matahari pagi, manfaatnya sudah dapat dirasakan.

Dikutip dari Times of India, kandungan vitamin dalam tubuh juga harus seimbang. Karena jika berlebihan, maka akan mendatangkan bahaya bagi tubuh itu sendiri. Kekurangan vitamin D, menurut sebuat penelitian, dapat meningkatkan risiko terkena stroke.


"Kadar vitamin D dalam tubuh harus seimbang, tak boleh terlalu rendah, maupun terlalu tinggi," ujar Peter Schwarz, profesor dari University of Copenhagen, Denmark.


Peter, bersama rekan peneliti lainnya meneliti jumlah vitamin D dalam tubuh lebih dari 247 ribu orang, dalam kurun waktu 7 tahun. Pada saat itu ada sekitar 16 ribu orang yang meninggal dunia.


"Setelah kami amati, penyebab kematian dari para pasien ini adalah stroke dan penyakit jantung koroner," katanya. Semakin lama, jumlahnya semakin bertambah seiring kadar vitamin D yang berlebihan di dalam tubuh.


Namun menurut Peter, kadar vitamin D dalam tubuh juga tidak boleh kurang. Karena kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan gangguan seperti mudah lelah, wajah kusam, kulit kering, dan gangguan lain karena kurangnya nutrisi. "Jaga kadar vitamin D dalam tubuh antara 50 hingga 100 nanomol per liter, mungkin 70, adalah angka paling tepat," tambah sang ilmuan.


Yang terpenting adalah, menjaga keseimbagan kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Pasalnya, nutrisi seimbang dapat menjadi kunci penting dalam optimalnya kesehatan badan kita. Jangan sampai kekurangan, jangan sampai kelebihan. Karena seimbang adalah yang terbaik.


![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya