Mengenal Tujuh Jenis Teh dan Manfaatnya

Teh hijau.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Teh. Minuman ini sangat akrab di lidah. Diseduh dengan air hangat, dicampur dengan sedikit lemon, madu dan gula, atau disajikan dingin bersama es batu, teh merupakan minuman yang tepat disajikan di segala suasana.

Tujuh Jenis Teh Ini Berkhasiat untuk Merawat Rambut

Tidak hanya nikmat, teh juga punya segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. 

Namun, masih banyak yang belum akrab dengan beragam jenis teh. Untuk itu, VIVA.co.id mengulasnya untuk Anda:

Begini Cara Masyarakat Inggris Membuat Teh

Teh putih

Tidak seperti namanya, white tea atau teh putih, tidak berwarna putih. Teh ini merupakan jenis yang paling ringan dari semua jenis teh olahan. Teh jenis ini juga yang paling langka, dan susah dicari.

Enam Teh Pencegah Obesitas dan Penghilang Lemak

Warnanya yang sangat pucat saat diseduh membuat teh ini disebut white tea. Rasanya pun lebih ringan dibanding jenis teh lain. Namun, teh jenis ini justru punya antioksidan paling tinggi. Oleh karena itu, teh putih sangat dianjurkan bagi mereka yang sedang dalam tahap pemulihan kanker atau punya penyakit akut.

Teh hitam

Kontras dengan white tea, teh jenis ini sangat mudah ditemukan dan punya warna yang sangat pekat. Malah, teh hitam merupakan jenis teh yang kerap Anda minum di kafe dan restoran. Teh ini juga banyak dijual di supermarket dalam bentuk teh celup dan teh seduh.

Layaknya, teh yang lain, teh hitam juga mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan. Selain itu, teh ini juga yang paling punya banyak manfaat bagi kecantikan. Teh hitam melancarkan pencernaan yang bisa membantu menurunkan berat badan dan sangat baik untuk kesehatan rambut.

Teh hijau

Selain teh hitam, teh hijau juga merupakan jenis yang paling umum ditemui. Teh hijau juga disebut-sebut sebagai minuman ajaib yang bisa mencegah berbagai penyakit berat, termasuk kanker, serangan jantung dan penyumbatan pembuluh darah.

Teh ini juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu menurunkan berat badan. Namun, teh hijau lebih bermanfaat bagi kesehatan jika diminum hangat dan tanpa gula.

Teh herbal

Ilustrasi teh jahe

Teh jenis ini biasanya merupakan campuran teh hijau atau teh hitam dengan berbagai tanaman hebal yang ditujukan untuk meningkatkan kesehatan, juga menenangkan. Salah satu yang paling populer adalah ginger tea atau teh jahe yang dipercaya bisa mengusir flu. Adapun teh serai serta lemon juga bisa membantu menenangkan perut.

Teh oolong

Salah satu jenis teh yang paling banyak disukai karena cita rasanya yang kuat. Teh oolong sebenarnya merupakan kombinasi antara teh hitam dan teh hijau, sehingga tidak hanya sedap, teh ini juga sehat. Salah satu manfaat utama mengonsumsi teh oolong adalah mengurangi peradangan lambung, sehingga teh ini sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita maag.

Teh rooibos

Warnanya yang cantik membuat teh ini kerap disajikan di jamuan makan malam. Teh rooibos punya warna merah yang memikat serta aroma yang wangi. Teh ini dibuat dari daun teh Afrika dan hampir tidak punya kandungan kafein di dalamnya. Oleh karena itu, teh rooibos sangat baik bagi mereka yang kerap punya gangguan perut.

Teh mate

Disebut-sebut sebagai kopi-nya teh karena rasanya yang menyerupai minuman berwarna hitam tersebut. Teh mate dibuat dari tanaman yerba mate dan rasanya serupa dengan kopi. Warnanya pun pekat. Selain itu, manfaat teh mate juga serupa dengan kopi, yakni meningkatkan ketajama fokus dan memompa adrenalin.

 

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya