Menyusuri Keindahan Alam West Coast Selandia Baru

Danau Matheson, Westland National Park, New Zealand West Coast
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Berkunjung ke Selandia Baru, West Coast adalah salah satu tempat yang memiliki pemandangan alam paling menarik di dunia.

Hal yang membuat menarik tempat ini, karena memiliki keindahan gletser spektakuler, fyord yang cantik, gunung-gunung terjal, dataran luas, perbukitan mengalun, hutan subtropis, dataran tinggi vulkanik, dan berkilo-kilometer pesisir pantai yang menawan.

Dan, pantas saja, Selandia Baru menjadi sangat populer sebagai lokasi film.

West Coast juga merupakan satu-satunya sumber batu hijau di Selandia Baru, di mana bongkahan batu besarnya ditemukan di sungai-sungai West Coast.

Anda dapat mengikuti tur di Hokitika dan Greymouth, dan mengamati pengukir batu hijau bekerja.

Selain itu, West Coast juga dilengkapi dengan hutan hujan, rawa, dan dataran aluvial yang luas dan banyak ditemukan di dekat pedesan setempat.

Jumpai penduduk setempat yang dijuluki 'coasters' dan Anda pun menemukan sekelompok orang yang begitu mandiri dan percaya diri, namun sangat ramah dan bersahabat. Duduklah dan bercengkerama bersama mereka, dan mereka akan menghujani Anda dengan kisah-kisah West Coast.

Berikut ini, sejarah singkat tentang keindahan alam di West Coast dilansir laman HappyTrips.

Geologi

Untuk melihat keunikan geologi West Coast lebih jelas bisa mendatangi Mount Aspiring National Park, yang dikenal dengan paduan hutan belantara terpencilnya, pegunungan tinggi, dan lembah sungai yang indah. Ini merupakan taman nasional terbesar ketiga di Selandia Baru. Lebih jauh ke atas pesisir terdapat Paparoa National Park. Sebuah hutan pantai dengan tebing batu gamping dan ngarai, gua, dan sungai bawah tanah.

5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda

Flora dan fauna

Curah hujan Selandia Baru yang tinggi dan panjangnya waktu matahari bersinar memberikan flora yang subur dan beragam kepada negara ini, dengan 80 persen flora khas.

Anda akan terpesona oleh hutan asli menakjubkan Selandia Baru yang senantiasa hijau, yang meliputi rimu, totara, beragam jenis beech, dan pohon asli terbesar, kauri raksasa. Di bawah pepohonan ini, Anda akan menemukan semak belukar yang lebat yang terdiri dari semak khas yang tak terhitung banyaknya, beragam jenis pakis, serta banyak lumut daun dan lumut kerak.

Dan, luasnya bidang semak belukar asli mendukung kehidupan burung yang jenisnya sangat beragam.

Sementara itu, burung-burung itu berevolusi, sayap jadi tidak diperlukan bagi beberapa burung, karena tidak ada predator alami yang harus dihindari. Sebagai akibatnya, sebagian burung khas Selandia Baru tidak dapat terbang, termasuk nuri kakapo, kiwi, takahe, dan burung terbesar di dunia, burung moa yang kini sudah punah.

Gletser

Gletser telah menjadi salah satu kekuatan yang dominan dalam membentuk lanskap West Coast. Tingginya Pegunungan Alpen Selatan dengan salju yang terkumpul dalam cekungan dikenal sebagai cirques.

Dengan panjang lebih dari 13 kilometer, gletser Fox turun dari ketinggian 2.600 dari Southern Alps. Gletser ini diisi oleh empat gletser pegunungan. Salju dipadatkan di puncak gletser menjadi es biru dengan kedalaman ratusan meter.

Cuaca

West Coast sangat terkenal di Selandia Baru sebagai 'Lambang Wet'. West Coast merupakan tempat paling basah di Selandia Baru dan memiliki cuaca yang menjadi kekuatan dominan dalam membentuk lanskap indah di West Coast.

Seperti halnya di tepi timur Laut Tasman, West Coast ada di jalur angin barat yang bergerak melintasi permukaan laut. Ketika massa udara  menguap akan ada hantaman dari  Alpen Selatan, dan kemudian mengembun, sehingga jatuhlah hujan.

Curah hujan yang terjadi di West Coast jika diukur ada sekitar setengah meter hujan turun pada sore hari. Di bukit belakang Hokitika, terdapat tangkapan curah hujan dari Sungai Cropp, yang menerima 18 meter curah hujan  per tahunnya. Tempat tersebut, merupakan tempat paling basah di Selandia Baru. (asp)

![vivamore="
Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar
Baca Juga :"]
Menyusuri Sungai Cigenter, 'Amazon' di Ujung Kulon

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya