Gejala Kesehatan yang Pantang Dianggap Remeh

VIVAnews – Perubahan dalam tubuh sering kita anggap sebagai sesuatu yang lumrah terjadi. Padahal, perubahan sekecil apapun bisa menjadi indikasi adanya penyakit di tubuh kita.
Gejala apa saja yang tak boleh lepas dari pengamatan kita?

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Kuku berubah putih saat ditekan
Kuku adalah bagian yang paling bisa dijadikan indicator kesehatan kita. Melalui kuku, kita bisa mengenali adanya masalah kesehatan di tubuh kita.

Saat bagian kuku menjadi putih bila ditekan, Anda perlu waspada. Hal itu merupakan tanda awal anemia karena kekurangan zat besi.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

“Banyak wanita, terutama yang mengalami menstruasi hebat setiap bulan menderita anemia tanpa mereka sadari,” kata Katherine Johnston, M.D, dari Harvard Medical School, Boston.

Bila gejala ini mulai timbul, Anda perlu lebih banyak mengonsumsi makanan berzat besi tinggi. Misalnya bayam dan salmon. Tapi sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Bibir kering
Bibir kering sering hanya dianggap masalah umum. Padahal bibir kering merupakan  gejala awal tubuh mengalami dehidrasi.

Penyebabnya pun bisa beragam. Bisa karena memang kurangnya asupan air sesuai anjuran. Bisa juga karena konsumsi vitamin, terutama vitamin A yang berlebihan.

“Banyak orang berlebihan mengonsumsi vitamin A sehingga menimbulkan dehidrasi tubuh,” kata Carolyn Jacob, M.D, ahli dermatologi di Chicago.

Lingkaran hitam di bawah di bawah mata
Bila wajah sudah mulai mirip panda atau rakun dengan lingkaran hitam di sekitar mata, tandanya Anda kurang tidur dan istirahat. Jangan anggap remeh, sebab jika tidak segera diatasi, lingkaran hitam itu akan bertahan dan sulit dihilangkan.

Pipi memerah
Pipi merona merah adalah impian setiap wanita. Tapi apa jadinya jika pipi merona merah tanpa ada sebabnya?

Gejala pipi memerah bisa timbul karena dua hal. Bisa karena makanan yang membuat Anda alergi, bisa juga karena terbakar sinar matahari tanpa Anda sadari.

Jika pipi merah karena alas an kedua, sebaiknya Anda lindungi kulit dengan sunblock supaya tak menjadi penyebab awal kanker kulit. Konsultasikan dengan dokter kulit Anda untuk mengatasinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya