Makanan Tak Sehat yang Justru Menyehatkan

Ilustrasi selai kacang
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Menjaga tubuh dari serangan penyakit, tentunya membuat Anda akan lebih selektif, terutama dalam memilih makanan. Banyak makanan yang memiliki kandungan tak sehat dapat mengancam kesehatan tubuh dalam jangka pendek, maupun dalam jangka panjang. 

Terungkap, Menu Makanan Para Juara Olimpiade

Namun ternyata, ada makanan yang mungkin diberi label "tidak sehat", tapi justru memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Apa saja makanan tersebut? Berikut ulasannya, menurut laman Daily Mail:

Kopi

Alasan Harus Makan Pisang Lebih Banyak

Konsumsi kopi yang berlebihan, bisa menyebabkan banyak gangguan pada tubuh, seperti pusing, naiknya gas lambung, hingga napas tak segar. Kopi dalam tingkat konsumsi yang sudah parah, bahkan bisa menyebabkan stres dan depresi yang cukup tinggi. 

Namun, bila dikonsumsi secara teratur dan seimbang, kopi bisa menyehatkan tubuh. Manfaat kopi bisa menjadi senjata di balik kesehatan otak dan turunnya berat badan Anda. Untuk itu konsumsinya harus diawasi dan dibatasi. Tidak hanya itu, lebih baik mengonsumsi kopi tanpa gula agar lebih sehat.

Makanan Sehat Ini Ternyata Tidak Aman Bagi Tubuh

Makanan kaleng

Mengonsumsi makanan kaleng, adalah hal yang bisa dibilang tidak disarankan oleh para pakar nutrisi. Pasalnya, makanan kaleng cenderung mengandung bahan pengawet yang tak baik bagi tubuh. Kacang polong kalengan, misalnya. Dalam satu kaleng kacang polong, terdapat banyak kandungan sodium. 

Namun, di dalamnya juga tersimpan kandungan protein dan serat yang baik bagi pencernaan Anda. Harga yang murah, juga menjadi alasan mengapa makanan ini dikonsumsi. Namun, sebelum membelinya, sebaiknya lihat terlebih dahulu kandungan dalam kaleng di kemasan luarnya.

Popcorn

Banyak orangtua yang melarang anak-anaknya memakan berondong jagung atau popcorn, karena memiliki kandungan yang tidak baik bagi tubuh. Belum lagi jika popcorn yang dimakan mengandung gula yang terlalu banyak, pastinya hal tersebut akan ditakuti oleh para ibu. 

Namun, jika ibu mau berpikir lebih kreatif dan inovatif, popcorn bisa saja menjadi makanan yang sehat bagi si kecil. Ya, popcorn buatan rumah. Tentunya, tanpa kandungan gula dan garam berlebih. Dengan begitu, tubuh si kecil akan aman dan perutnya tetap nyaman.

Selai kacang

Selai kacang menjadi salah satu sajian yang banyak dihindari oleh yang sedang diet, pasalnya dalam selai kacang terkandung banyak lemak. Namun, jangan dilupakan bahwa dalam selai kacang, juga terkandung vitamin E, magnesium, serta protein yang kaya dan baik bagi tubuh.

Jika memang takut gemuk, Anda bisa mengkreasikan sajiannya dengan sajian penyeimbang seperti buah, dan tentunya dengan porsi yang lebih sedikit.

Pada akhirnya, semua makanan yang tidak sehat, ditentukan dari bagaimana kita mengolahnya. Dengan pengolahan yang benar, makanan yang tak sehat pun bisa membawa manfaat bagi kesehatan tubuh kita. (one)

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya