Mengupas Fakta dan Mitos Tentang Diet

Timbangan berat badan.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Berat badan, kerap menjadi masalah yang tidak diinginkan bagi beberapa orang. Oleh karena itu mereka rela mengikuti segala jenis diet dan peraturannya. Dari menghindari makan malam, hingga hanya minum air hangat karena air dingin dianggap bikin gemuk. 

Cara Mudah Dapatkan Tubuh Langsing dan Awet Muda

Ada banyak mitos seputar diet, yang akhirnya justru membuat pelaku diet bingung. Alih-alih turun berat badan, justru kesehatan dipertaruhkan. 

Agar Anda tak lagi bingung, VIVA.co.id mengupas beberapa fakta dan mitos soal diet, dilansir dari laman Times of India:

Ingin Sehat Lagi, Nino Fernandez Jalani Diet

Air dingin bikin gemuk

Dingin atau pun hangat, air mengandung nol kalori, sehingga tidak berpengaruh terhadap kenaikan berat badan. Air dingin dianjurkan diminum saat cuaca panas atau setelah berolahraga guna menurunkan suhu tubuh. Sisanya, Anda bisa minum air dengan suhu ruangan atau air hangat saat cuaca dingin, agar tidak terserang flu.

Thalita Latief Kurusan, Ini Rahasianya

Mengudap camilan hanya boleh di siang hari

Saat Anda berdiet, mengudap camilan seperti keripik justru bisa jadi faktor penambahan berat badan. Pasalnya keripik tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, sehingga membuat Anda mengemil lebih banyak dari seharusnya. Sebaiknya ganti keripik dengan camilan lain yang lebih sehat, seperti buah-buahan.

Tidak boleh makan di malam hari

Faktanya, saat malam suhu tubuh secara umum menurun karena rendahnya aktivitas. Jika Anda terus mengunyah, tubuh akan kebingungan dan terus-menerus bekerja sehingga tidak sempat beristirahat. Selain itu, tidur setelah makan juga mengganggu sistem pencernaan. 

Percaya timbangan

Angka di timbangan naik berarti saatnya untuk panik. Tidak demikian. Timbangan hanya menunjukkan bobot tubuh secara umum, namun tidak menunjukkan seberapa gemuk sebenarnya Anda. Sebaiknya Anda mengukur kadar lemak dan massa otot dalam tubuh untuk mengetahui berapa banyak lemak dalam tubuh yang harus Anda singkirkan.

Lemak itu berbahaya

Makanan berlemak memang cenderung membuat berat badan melembung, namun bukan berarti Anda menghindar dari semua jenis lemak. Beralih ke makanan rebusan, memang bisa mengurangi asupan lemak dari minyak, tapi ada juga lemak yang baik bagi tubuh seperti lemak nabati dari kacang-kacangan. Ingat, tubuh Anda membutuhkan lemak sebagai cadangan energi serta bahan bakar melawan infeksi dan mempertahankan membran sel tetap sehat. (ren)

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya