Lima Cara Berhemat Saat Plesir

Ilustrasi Liburan
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Liburan. Tentu semua senang mendengar kata tersebut, namun tanpa disadari, ada banyak pengeluaran tersembunyi saat liburan. Kita dengan senang hati membuka dompet dan berbelanja souvenir ataupun makan di restoran yang menyediakan menu eksotis. 

Trik Menjaga Keuangan Saat Pelesir

Ketika pulang ke rumah, tagihan kartu kredit yang membengkak pasti membuat pusing tujuh keliling, belum lagi saldo tabungan yang drastis menipis.

Lalu, bagaimana cara berhemat saat liburan? Pejalan keliling dunia Tamara Tennant, berbagi tips jitu agar uang tak banyak terbuang saat bersenang-senang di negeri orang. Berikut tipsnya dilansir Huffington Post.

Trik Mengurangi Biaya Bagasi Saat Pelesir

Riset

Liburan hemat dimulai dengan riset. Rajin-rajinlah mencari promosi dari maskapai atau hotel di destinasi liburan. Jika perlu, gunakan jaringan sosial, seperti melalui situs pejalan seperti Couchsurfing untuk memangkas biaya akomodasi. Namun jika Anda bepergian bersama keluarga, memesan paket jauh-jauh hari bisa menghemat pengeluaran, begitu juga dengan penerbangan. Tiket yang dipesan enam bulan dimuka, bisa jauh lebih murah daripada dibeli seminggu sebelumnya .

Berkunjung ke Tempat Bertarungnya Gladiator di Tunisia

Bujet

Tentukan seberapa banyak uang yang akan Anda keluarkan selama liburan. Usahakan jangan sampai lebih dari bujet. Tahan keinginan berbelanja dan fokus pada liburan dengan menikmati objek wisata atau berkenalan dengan orang baru.

Tas

Membawa koper ekstra besar atau tas cadangan, membuat Anda berpikir tidak masalah membawa barang bawaan tambahan. Dengan kata lain, Anda cenderung akan berbelanja di destinasi wisata. Sebaiknya bawa tas sesuai barang bawaan Anda. Kemaslah barang seperlunya. Tidak perlu membawa sepatu hak tinggi jika tujuan Anda adalah pantai, serta tinggalkan gaun pesta jika Anda ingin mendaki gunung.

Mata uang

Saat bepergian ke luar negeri, lebih baik langsung membawa mata uang setempat sejak awal. Usahakan tidak menukar uang di negara tujuan karena nilai tukarnya bisa jadi lebih rendah. Selain itu, hindari menarik uang dari ATM. Biaya tarik tunai di luar negeri cukup signifikan. Jika terpaksa, tarik uang sedikit lebih banyak, dan lakukan sekali saja. 

Kartu kredit

Jika Anda penggila belanja, ada baiknya meninggalkan kartu kredit di rumah saat bepergian. Kartu kredit bisa menggoda Anda untuk terus berbelanja dan malah mengakibatkan pengeluaran yang lebih besar. Bawalah kartu kredit dengan limit terkecil dan gunakan hanya pada saat darurat.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya