Dok, Bolehkah Saya Renang Saat Flu?

Olahraga di waktu malam hari.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024
- Renang adalah olahraga menyehatkan yang dipilih banyak orang. Berenang memberi manfaat bagi kesehatan tubuh, contohnya untuk kesehatan jantung, gangguan pernapasan, serta dapat membakar kalori, baik untuk Anda yang sedang diet.

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Olahraga air ini juga bukanlah aktivitas yang bisa dilakukan kapan saja, selama masih cukup dan tidak berlebihan. Lalu, bagaimana jika kita ingin renang dalam keadaan flu. Apakah diperbolehkan?
Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya


Untuk menjawab hal ini, dokter Aria Wibowo dari laman
menjelaskan, “Renang adalah olahraga ringan yang akan memberi rasa nyaman untuk yang sedang malas, tapi ingin tetap olahraga. Namun, bila yang terjadi adalah sakit seperti flu, sebaiknya jangan lakukan olahraga ini dulu," ujarnya.


Bila penyakit yang diderita berhubungan dengan Telinga Hidung Tenggorokan (THT), renang bisa menjadi aktivitas yang cukup membahayakan. Karena, renang dapat membuat gejalanya lebih parah.


"Apalagi, bila berenang di kolam renang umum, bisa jadi penyakit bertambah parah, karena air yang tidak terjaga kehigienisannya," tambah Aria.


Selain itu, beberapa kolam renang yang menggunakan campuran klorin untuk menjaga kebersihannya, tidak cukup melindungi Anda yang ingin berenang saat sakit.


"Kandungan klorin di kolam tidak segera membunuh kuman yang ada di kolam tersebut. Bisa saja, tubuh perenang dalam keadaan sakit, tercemar penyakit baru," jelasnya.

 

Kuman yang beredar di sekitar kolam, selain bisa membahayakan diri, juga bisa membahayakan orang lain, yang bisa tertular sakit yang sedang diderita. Jika sakit flu kian parah, sebaiknya Anda jangan dulu melakukan olahraga renang.


Cukup istirahatkan tubuh dan hindari kontak dengan orang lain agar penyakit tidak mudah tertular. "Setelah nanti pulih, atau flu berkurang, renang bisa dilanjutkan. Namun, jangan terlalu sering, karena bisa mendatangkan penyakit baru," jelas pak dokter. (one)


![vivamore="
Baca Juga
:"]


[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya