Agar Gigi Selamat, Hindari 12 Kebiasaan Ini

Sikat gigi.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Kebersihan gigi dan mulut adalah hal yang sangat penting untuk dijaga. Sebab, memiliki gigi sehat dan kuat, idaman setiap orang. Dengan gigi sehat pula, kita bisa menghasilkan senyum memesona.

Namun, terkadang memelihara kebersihan gigi dan mulut tidaklah cukup. Apabila masih disertai kebiasaan buruk, yang kelihatannya sepele tapi efeknya merusak. Kebiasaan buruk ini, terkadang efeknya tidak langsung, namun jika dilakukan terus-menerus fatal akibatnya.

Berikut, beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi, menurut hasil penjelasan dokter gigi Tryanza Maulana MM, seperti dikutip Viva.co.id dari keterangan tertulisnya.

Merokok


Merokok dapat menyebabkan perubahan pada warna gigi, gusi, tambalan gigi, dan gigi tiruan. Merokok juga dapat menyebabkan bau mulut. Ini baru masalah di gigi, masalah di paru-paru pasti Anda sudah tahu apa efeknya bukan?

Mengunyah hanya satu sisi

Hal ini dapat menyebabkan penumpukkan sisa makanan pada sisi mulut yang jarang dipakai untuk mengunyah, sehingga pembentukan plak dan karang gigi menjadi lebih banyak di sana.

Sering memakai tusuk gigi

Mengambil sisa makanan yang bersembunyi dengan tusuk gigi, dapat membuat trauma pada gusi dan membuat celah, atau ruang di antara gigi.

Memasukkan cairan obat ke lubang gigi

Memasukkan cairan obat secara sembarangan pada lubang gigi, dapat menyebabkan kematian pada syaraf gigi dan luka bakar pada gusi. Hati-hari.

Senang menghisap jempol

Ini dapat mengganggu posisi gigi depan atas, sehingga ia akan jadi lebih maju dari posisi normal.

Sikat gigi dengan tekanan keras

Ini sering dilakukan, karena asumsi agar gigi lebih bersih. Padahal, yang terjadi, adalah jaringan email akan rusak jika Anda kasar menekannya.

10 Cara Mengatasi Gigi yang Sensitif

Rajin minum soda

Boleh dibilang ini masalah yang paling sering terjadi saat ini. Minuman bersoda dapat merusak email gigi, karena kadar gula dan asamnya tinggi.

Menghisap jeruk nipis atau belimbing wuluh


Waspada, ini merusak gigi karena kandungan asam pada jeruk nipis dan belimbing wuluh yang tinggi, dapat menghancurkan ikatan mineral dan mengikis permukan gigi.

Iseng menggeretakkan gigi

Dapat menyebabkan sakit pada sendi, rahang, dan kepala. Terkadang, bisa terjadi saat tidak sadar ketika tidur.

Menggigit benda keras

Benda keras di sini semisal pensil, pulpen, tutup botol, atau bungkus makanan yang dapat membuat efek traumatis pada gigi, sehingga gigi mudah rusak.

Gosok gigi dengan batu bata atau sabut kelapa

Biasanya kebiasaan ini ada pada masyarakat pedalaman, bahaya ini dapat merusak gigi dan gusi.

Mengunyah es batu

Dapat menyebabkan gigi rusak, atau patah, minimal trauma gigi. (asp)

Sejumlah Makanan Ini Putihkan Gigi Secara Alami
![vivamore=" Baca Juga
Ini Efek Kesehatan Maloklusi pada Mulut Anak
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya