Misteri Tersembunyi dari Puncak Gunung Everest

Mount Everest
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda
- Dengan ketinggian 8.848 meter, Gunung Everest dinobatkan sebagai gunung tertinggi di dunia. Namun, apakah masih ada gunung lain yang lebih tinggi dari Everest? Apakah masih banyak misteri yang tidak diketahui dari Gunung tertinggi ini?

Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar

Seperti dilansir laman
Menyusuri Sungai Cigenter, 'Amazon' di Ujung Kulon
Boldsky , ada sejumlah fakta yang mungkin banyak tidak diketahui orang, mengenai puncak Gunung Everest, berikut ini penjelasannya.

Kotor

Fakta yang merendahkan, namun benar terjadi di puncak Gunung Everest. Setiap musim, orang pergi ke puncak dan membuat sejarah perjalanannya. Namun, sisa-sisa makanan, botol, plastik dan lain-lain mencemari gunung serta lingkungan yang ditinggalkan oleh para pengunjung.


Kemacetan


Kabar ini mengejutkan, namun benarkah terjadi kemacetan di puncak gunung ini?  Ya, itu benar. Tapi, kemacetan yang terjadi adalah kemacetan lalu lintas manusia. Meskipun butuh pengeluaran besar untuk melakukan ekspedisi di Gunung Everest, para pendaki tidak pernah membiarkan menginjak puncak hanya sekedar mimpi. Akibatnya, padatnya para pendaki menimbulkan kemacetan lalu lintas manusia di puncak Gunung Everest.


Sebutan Nama Lain


Jika seseorang memberitahu Anda 'Chomolungma' adalah puncak tertinggi atau 'Sagarmatha' adalah mahkota Himalaya, janganlah protes. Yang pertama adalah nama puncak Tibet yang berarti "Dewi Pegunungan", sementara yang satu lagi berarti "Dahi langit" di Nepal.


Tingginya Bertambah


Sebuah penelitian menjelaskan bahwa ketinggian gunung ini meningkat 4 milimeter setiap tahun. Lempeng benua bergerak, ketinggian gunung ini pun ikut tumbuh.


Dan perlu pula diketahui, meskipun ketinggiannya 8.848 meter, itu justru  berawal dari banyak diskusi dan perdebatan.


Peninggalan Sejarah


Batu kapur dan batu pasir, batu yang ditemukan di puncak gunung membuktikan bahwa bagian dari batuan sedimen yang terletak di bawah permukaan laut hampir berusia 450 juta tahun yang lalu. Selain itu, fosil laut dan hewan juga bukti adanya kehidupan di sana.


Populer


Perhitungan statistik menjelaskan bahwa lebih dari 4.000 orang telah mencoba untuk mencapai puncak gunung ini.


Dua Pria di Puncak

Banyak pria mencapai puncak, apa untungnya? Sherpa bersaudara, Sherpa dan Phurba Tashi adalah pendaki yang sampai ke puncak hingga 21 kali dalam hidup mereka. Apa yang mereka pikirkan? Baginya, Gunung Everest merupakan pasar terdekat dari rumah mereka.


Rumah Laba-laba

Ternyata banyak laba-laba hitam yang berhasil tinggal di sana dan bertahan meskipun ditiup angin dari arah lain. Mereka biasanya hidup di celah-celah gunung. (one)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya