Amankah Menunda Mandi Setelah Nge-gym?

Fitnes.
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id
Acara Televisi Ini Bantu Bakar Kalori Selama Latihan
- Memiliki rutinitas olahraga teratur, adalah hal yang baik untuk kesehatan tubuh. Menyempatkan diri pergi ke pusat kebugaran atau gym, adalah cara tepat untuk membuat rutinitas Anda makin lancar.

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Namun, ketika berkunjung ke gym, apakah Anda memiliki kebiasaan menunda mandi di tempat yang disediakan, dan memilih mandi di rumah saja? Jika ya, efeknya Anda bermandi peluh dalam perjalanan ke rumah. Sehatkah ini?
Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi


Dokter Nina Amelia, dari
menjawab pertanyaan ini. Menurut Nina, berpeluh lama setelah olahraga bisa menyebabkan banyak bakteri menempel di kulit.


"Pada dasarnya berkeringat merupakan salah satu mekanisme tubuh untuk mengeluarkan racun. Namun permukaan kulit yang berkeringat lama, akan menjadi lembap dan ini merupakan tempat yang sangat baik bagi jamur berkembang," ujarnya.


Bakteri dan jamur tersebut, bisa melekat pada kulit dan menyebabkan beberapa gangguan seperti gatal, bahkan alergi pada beberapa kasus. Jika dibiarkan terlalu lama, tentunya hal ini akan berbahaya bagi kesehatan kulit dan mengundang hadirnya infeksi kuman lain.


Bakteri, dapat bertambah banyak dan semakin berbahaya bila dalam perjalanan pulang, kulit terekspose polusi dan sinar matahari berlebihan.


Namun Nina mengatakan, jika jarak rumahnya tidak terlalu jauh, masih wajar dilakukan. "Pastikan saat mandi, Anda menggunakan air bersih dan sabun yang mengandung antibakteri, agar jamur dan kuman yang lama melekat pada kulit, terangkat dan tidak lagi menetap dalam tubuh Anda," ujarnya.


![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya