Dok, Mengapa Kulit Saya Sering Mengelupas?

Ilustrasi Perawatan Kulit
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Kulit adalah bagian terluar dari tubuh manusia, yang dapat menjadi tanda ketika tubuh memiliki masalah kesehatan. Salah satu yang biasanya terlihat, ialah adanya kulit-kulit kering di daerah pergelangan tangan, yang membuatnya terasa kasar dan kering.

Banyak mitos mengatakan bahwa mengelupasnya kulit pada pergelangan tangan berhubungan dengan kurangnya asupan vitamin dan air putih pada tubuh. Apakah ini benar? Setelah kami konfirmasi pada dokter Aria Wibowo, dari laman Meetdoctor, ternyata mitos yang berkembang selama ini kurang tepat.

Menurut Aria, mengelupasnya kulit di area pergelangan tangan, bukanlah penentu lengkap, atau tidaknya kadar vitamin dalam tubuh. Sebab, pengelupasan kulit justru adalah cara regenerasi kulit kita. "Sama seperti ular, kulit manusia juga bisa beregenerasi, dengan cara terjadinya pengelupasan. Hal ini, bukan berarti tubuh kekurangan cairan, atau vitamin ya," ujar Aria.

Bila hal ini terjadi, Anda tidak perlu panik karena gejalanya bisa hilang dengan sendirinya. "Dibiarkan saja, jangan dicabut, nanti juga akan hilang sendiri," tambah sang dokter. Karena jika dilakukan penanganan yang salah, bukan sembuh, tetapi malah akan terjadi komplikasi lain yang dapat merusak kesehatan kulit.

Berbeda halnya dengan rasa kering dan kasar yang membuat kulit bagai bersisik. Itu bisa jadi tanda bahwa tubuh kita kekurangan vitamin, atau pun asupan air putih seimbang. Untuk itu, ketika keluhan seperti itu terjadi, sebaiknya melakukan tindakan untuk segera meminum air putih cukup, serta mencukupi kandungan vitamin D dalam tubuh, agar kesehatan kulit tidak terganggu. (asp)

Sering Mandi Bisa Sebabkan Iritasi



![vivamore="Baca Juga :"]

Manfaat 'Hyaluronic Acid' untuk Kulit



Wanita, Ketahui Beda Serum dan Pelembap Wajah
[/vivamore]
Ilustrasi luka

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas

Keadaan luka harus lembab atau moist, bukan basah.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016