Cara Alami untuk Obati Sinusitis

Sinusitis
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id
Waspadai, Penyakit Sinusitis Menyerang Anak Anda
- Bagi penderita sinusitis, masa-masa ketika keluhan sinusitis datang pasti adalah saat yang menyakitkan. Pasalnya, peradangan pada Sinus salah satu rongga di sekitar hidung ini, bisa menimbulkan rasa perih dan sakit yang luar biasa mengerikan.

Dokter: Tidak Semua Penderita Sinusitis Harus Dioperasi

Untuk itu beberapa dari penderita sinusitis memilih untuk melakukan pengobatan khusus untuk menyembuhkan atau setidaknya menguranginya. Namun sebelum melakukan pengobatan ke dokter tak ada salahnya, Anda ikuti tips dari Everyday Health berikut ini.
Menghalau Gangguan Sinusitis yang Menyiksa


Bersihkan saluran hidung

Sinusitis, dapat dipicu oleh gejala flu yang tak segera diatasi. Dalam keadaan flu, jumlah lendir dalam rongga hidung akan semakin banyak dan akanĀ  mendatangkan suasana tidak nyaman untuk Anda.


Oleh karena itu, gejala sinusitis bisa dikurangi dengan cara membersihkan saluran hidung secara teratur. Membersihkan saluran hidung, bisa dilakukan dengan bantuan dari cairan semprot hidung, yang mengandung senyawa baik yang membantu meredakan peradangan dan mencegah sinusitis.


Terapi uap

Cara yang paling alami namun ampuh untuk membasmi sinusitis ialah dengan melakukan terapi uap sendiri. Uap panas yang dihasilkan dari air mendidih, bisa melelehkan lendir dalam rongga hidung, sehingga lebih mudah dikeluarkan.


Uap panas ini juga dipercaya mampu membunuh bakteri dan jamur yang berbahaya dalam rongga hidung. Lakukanlah terapi uap ini minimal satu kali sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.




Perbaiki hidrasi

Perbanyak konsumsi air putih, juga merupakan cara untuk mencegah datangnya sinusitis. Dengan kandungan air putih yang banyak dalam tubuh, maka lendir dalam rongga hidung akan leleh dan luruh dengan sendirinya.


Mengonsumsi air putih yang seimbang juga disarankan, untuk menghindarkan tubuh dari gejala dehidrasi, yang akan makin memerparah peradangan pada sinus Anda.


Makanan pedas

Sama seperti terapi uap, memakan makanan pedas juga bisa mengencerkan lendir dalam rongga hidung, tapi melalui bagian dalam tubuh. Pasalnya kandungan dalam cabai mampu membantu proses pembakaran dalam tubuh, yang akan memerlancar sistim metabolisme tubuh.


Memakan makanan pedas juga berkhasiat untuk membuka saluran hidung, hingga proses penyembuhan sinusitis akan menjadi lebih mudah. Jika gangguan sinusitis masih terjadi dan malah semakin parah, ada baiknya Anda segera memeriksakannya ke dokter THT.


Sebab, gejala sinusitis yang semakin parah, akan semakin berdampak buruk pada fungsi THT. Oleh sebab itu penyakit ini harus segera mendapatkan penanganan. (ren)


![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya