Ini Negara yang Hotelnya Paling Peduli Kaum Disabilitas

Tetap berlibur meski nilai dollar naik.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda
- Saat kita jalan-jalan ke luar negeri, pastinya akan sangat terbantu jika hotel tempat menginap, memberi fasilitas lebih, bagi salah satu anggota keluarga kita, yang maaf, jika ada yang mengalami keterbatasan aktivitas, karena kondisi tubuhnya.

Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar

Studi menunjukkan, 77 persen hotel di Amerika Serikat adalah hotel yang memberi kemudahan bagi kaum disabilitas, melalui fasilitas-fasilitas khusus, saat mereka sedang melakukan perjalanan wisata.
Menyusuri Sungai Cigenter, 'Amazon' di Ujung Kulon


Urutan kedua, jatuh pada Uni Emirat Arab, Irlandia, dan Portugal dengan persentase angka yang sama, sekitar 55 persen, demikian info yang redaksi Viva.co.id terima, melalui rilis yang dikirimkan Agoda. Studi ini mengacu pada informasi yang disediakan oleh lebih dari 600 ribu hotel, yang dapat dipesan di situs pemesanan hotel itu.


Banyak faktor memengaruhi, apakah sebuah hotel akan memiliki fasilitas khusus. Contohnya di Uni Emirat Arab, di mana terjadi pembangunan besar-besaran selama lebih dari satu dekade, menghasilkan banyak hotel baru yang cenderung memiliki fasilitas mudah diakses bagi kaum disabilitas.


Di ibukotanya, Abu Dhabi, 90 persen hotel memiliki fasilitas untuk mereka. Berdasarkan studi tadi, destinasi-destinasi ziarah di sana juga cenderung memiliki tingkat aksesibilitas tinggi. Lalu di Fatima, Portugal, provinsi Huelva di Spanyol, dan Lourdes, Prancis, lebih dari 70 persen hotelnya memiliki fasilitas untuk para tamu, dengan kebutuhan khusus.


“Kami senang mengetahui bahwa banyak hotel memberi fasilitas untuk tamu dengan kebutuhan khusus, karena membuat kegiatan perjalanan mereka menjadi lebih mudah,” kata John Brown, COO dari website itu. Sayangnya tidak ada satupun dari negara Asia yang berhasil masuk peringkat 10 besar hotel pemberi fasilitas itu.


Singapura merupakan negara tertinggi di antara negara Asia lain, yang menempati urutan 18, dengan 40 persen dari hotel mereka, memiliki fasilitas untuk kaum disabilitas. Sementara itu, Indonesia, hanya memiliki 11 persen dari keseluruhan jumlah hotel yang terdaftar.


Bahkan lima destinasi yang berada di peringkat sepuluh terbawah, berasal dari Asia. Berikut daftar lima negara dengan persentase terendah untuk penginapan yang mudah diakses kaum disabilitas:


Indonesia 11%

Rusia       11%

Peru        10%

Uruguay   10%

Vietnam   9%




![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya