Diet dengan Suplemen Klorofil, Amankah?

Timbangan berat badan.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Berbicara tentang diet atau menurunkan berat badan, kini tips serta tata caranya sudah banyak berkembang di mana-mana. Mulai dari pengenalan sistem diet tertentu, melakukan olahraga khusus, hingga melengkapi diri dengan beberapa suplemen, yang dipercaya akan memberi dampak pada penurunan berat badan.

Saat ini, peredaran suplemen untuk menurunkan berat badan semakin cepat, bahkan hingga menyentuh ranah online. Banyak produsen yang mengiming-imingi konsumen, hasil diet yang memuaskan, salah satunya dilakukan produsen suplemen bubuk klorofil, yang banyak dijajakan di dunia maya.

Lalu, apakah mengonsumsi bubuk klorofil aman untuk kesehatan? Jawabannya akan diperoleh dari dokter Aria Wibowo, dari Meetdoctor.

Tips Mudah Pangkas Bobot Tubuh 5 Kilo Satu Bulan

Menurut Aria, mengosumsi klorofil memang baik untuk tubuh, tapi bahayanya lebih mengancam kesehatan bila pemakaiannya tidak benar.

"Pada dasarnya, klorofil dalam bentuk bubuk maupun cairan, masuk ke dalam kategori jamu, jadi belum ada penelitian khusus yang dilakukan tenaga media untuk memastikan manfaat dan bahayanya. Namun konsumsi berlebihan bisa jadi masalah," ujar Aria.

Kelebihan klorofil, menurutnya dapat menyebabkan berbagai gangguan, tergantung tubuh masing-masing orang. "Gangguan bisa ditandai perubahan warna feses dan urine, lalu bisa menyebabkan diare dan gangguan pencernaan lain," ujar Aria.

Selain itu, untuk yang memiliki reaksi alergi, mengonsumsi suplemen klorofil secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan kulit, berupa rasa panas terbakar, dan gatal setelahnya.

Jenis tanaman yang dijadikan ekstrak suplemen ini juga perlu dicari tahu, apakah tanaman tersebut mengandung pestisida atau tidak. "Jika terbukti mengandung pestisida, maka risikonya adalah kanker," kata  Aria.

Cara Nadia Mulya Turunkan Bobot Tubuh Pasca Melahirkan

Oleh karena itu sebelum membeli, Anda harus melihat kandungan suplemen yang tertera di luar kemasan.

Berkeinginan untuk menurunkan berat badan, seharusnya tidak membuat lupa diri dan rela melakukan apapun, termasuk membahayakan kesehatan dan keselamatan. Bijaklah memilih produk yang akan dikonsumsi, agar tak terjadi hal-hal buruk yang seharusnya bisa dihindari.

![vivamore="Baca Juga :"]

3 Hal Penting Pagi Hari Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan




[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya