Negara-negara Kecil yang Bisa Dijelajahi dalam Satu Hari

Monaco Super Rich
Sumber :
  • Flickr - ThinkingNomad
VIVA.co.id
Pemalang Siap Tawarkan Desa Wisata Cikendung
- Tidak banyak yang tahu kalau di dunia ini ternyata banyak Negara yang luasnya tidak lebih dari 200 square miles atau sekitar 300 kilo meter persegi. 

Jemput Wisatawan, Pemalang Akan Bangun Bandara
Jika Anda tidak memiliki banyak waktu, namun ingin berlibur di sebuah negara, mungkin cara yang tepat adalah mengunjungi beberapa negara kecil yang ada di dunia. 

Menilik Keindahan Tempat Wisata di Pemalang
Meskipun sangat sedikit yang berkunjung tapi inilah kesempatan emas Anda untuk menjelajahi negara tersebut. Berikut ini negara kecil di dunia yang bisa dinikmati dalam satu hari, menurut laman Huffingtonpost.

Monaco

Letaknya di dekat Nice, Perancis. Negara yang berbentuk kerajaan ini telah ada sejak abad ke-13, luasnya 1,95 kilo meter persegi dan hanya memiliki penduduk 37.000 jiwa. Negara ini hanya memiliki satu kotamadya. Tidak ada perbedaan geografis antara negara dan kota Monaco, meskipun tanggung jawab pemerintah dan dari kotamadya (tingkat kota) berbeda. 

Di sini digelar berbagai koleksi ilmiah yang terdiri dari berbagai jenis ikan, spesimen hingga kerangka tulang ikan. Raja Rainer, pemimpin Monaco, naik tahta lebih dari 50 tahun, menjadikannya sebagai salah satu pemimpin negara terlama pada abad ke-20. 

Mereka yang lahir dan dibesarkan di Monaco berbicara dalam bahasa Perancis, Italia, Inggris, dan bahasa Monaco yakni Monegasque.

Selain pelabuhan spektakuler yang penuh dengan kapal pesiar dan kasino yang dipamerkan dalam film James Bond, Monaco juga memiliki museum andalan Oceanographic Museum, yang digagas oleh Pangeran Albert I dari Monaco, mantan Angkatan Laut sekaligus peneliti kelautan.

Isle of Man

Isle of Man, atau dikenal juga sebagai Mann, adalah negara yang memiliki pemerintahan sendiri bernama British Crown Dependency. Negara pulau ini berada di tengah Laut Irlandia, antara Pulau Britania Raya dan Irlandia. Hingga kini, negara tersebut belum tercatat sebagai  bagian dari Uni Eropa.

Meski tak dikenal, pulau ini sudah dihuni manusia sejak 6.500 tahun Sebelum Masehi. Saat ini jumlah penduduk sekitar 84.000 jiwa. Pendapatan negara umumnya berasal dari sektor pariwisata dan jasa perbankan yang ada di luar negeri.

Bagi pengunjung yang datang akan melalui penerbangan dari daratan Inggris atau dengan kapal feri berkecepatan tinggi dari Liverpool. Anda juga bisa menghabiskan waktu mengunjungi situs bersejarah Viking Peel Castle dan mencicipi kerang manis di Queenie.

Penduduk setempat, yang dikenal sebagai Manx, mengibarkan bendera negara mereka selama acara tahunan Tourist Trophy.

Gibraltar

Gibraltar sebuah negara bagian teritori dari kekuasaan Inggris yang terletak di dekat Selat Gibraltar, sebuah selat di Laut Tengah yang menghubungkan Benua Eropa Spanyol tepatnya dengan Benua Afrika. Wilayah ini mempunyai populasi sekitar 300.000 orang.

Pengunjung yang ingin datang, harus melalui penerbangan dari London dan mendarat di landasan pacu yang hanya ada satu jalan untuk masuk dan keluar. Daya tarik utama Gibraltar adalah topografinya. 


San Marino

San Marino sebuah negara kecil yang berbatasan secara menyeluruh dengan Italia. Negara ini terletak di sebelah timur Pegunungan Appennine dengan luas hanya sekitar 61 km persegi-menjadikannya sebagai negara terkecil ke-13 di dunia. Dengan jumlah penduduk hanya sekitar 32.000 orang, San Marino menjadi negara dengan populasi di terkecil dalam Konselat Eropa.

San Marino negara republik konstitusional tertua di dunia. Menurut sejarahnya, Saint Marinus pergi meninggalkan Pulau Rab yaitu sebuah pulau di Kroasia dengan temannya Leo ke kota Rimini di Italia, kemudian kabur dari sana dan membangun sebuah gereja kecil di dekat Monte Titano. 

Disanalah negara San Marino ditemukan, tepatnya pada tanggal 3 September 301. Namun, kemerdekaannya baru diakui pada tahun 1631 oleh Paus Katolik di Roma. Mata uang negara ini adalah euro dengan pemerintahannya republik parlementer.

Liechtenstein

Merupakan negara terkecil keempat Eropa, setelah Vatikan, Monaco, dan San Marino. Liechtenstein adalah sebuah negara pegunungan ganda terkurung daratan di Eropa Tengah. Luas negaranya kurang lebih 120 kilometer persegi yang, terletak di tepi timur Sungai Rhein, di antara negara Austria dan Swiss. Diperkiraan populasi penduduknya hanya 37.000 jiwa. 

Kota terbesar di Liechtenstein adalah Schaan memiliki panorama alam yang mengagumkan. Liechtenstein memiliki utang eksternal terendah di dunia. Liechtenstein juga memiliki tingkat pengangguran terendah kedua di dunia sebesar 1,5 persen.

Untuk mengunjungi tempat ini, sangat tepat bila musim panas, karena negara ini memiliki banyak atraksi. Namun kegiatan populer di tempat ini adalah berjalan kaki sepanjang 16 mil sambil menikmati keindahan alam negara ini.


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya