Studi: Seorang Pemimpin Butuh Teknik Berkomunikasi

Karyawan kantoran.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Menjadi seorang pemimpin membutuhkan teknik yang tepat dalam berkomunikasi. Pemimpin sebaiknya mengetahui apa yang dia katakan harus sesuai dengan situasi yang berlangsung.

Ini Beda Pemimpin dan Manajer

Pemimpin yang bijak dan para pengikut harus saling bekerja sama, serta saling menguntungkan tanpa harus ada persaingan. 

Dilansir dari Times of India, menurut Max Planck Institute for Human Cognitive and Brain Sciences di Leipzig, dan State Key Laboratory of Cognitive Neuroscience, Learning dan IDG/McGovern Institute for Brain di Beijing, dalam proses komunikasi, hubungan antara pemimpin dan asistennya berkembang secara spontan.
Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"

Ketika seorang anggota menjadi pemimpin kelompok, aktivitas otak kiri pada persimpangan parietal seorang pemimpin dikenal sebagai perwakilan mental. Mulai dari sinkronisasi di daerah yang sama dari pengikut mereka. Berdasarkan sinkronisasi saraf interpersonal, para peneliti memprediksi siapa yang akan muncul sebagai pemimpin kelompok dan kapan waktu yang tepat. 
Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Sinkronisasi saraf interpersonal disebabkan adanya kemampuan komunikasi pemimpin dan kuantitas mereka berbicara. Dengan demikian, individu yang mengatakan hal yang benar pada waktu yang tepat biasanya muncul sebagai pemimpin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa otak para anggota kelompok sadar saat membuat keputusan bahkan sebelum diskusi berakhir. Dalam diskusi, persimpangan temporo-parietal kiri pada otak para anggota mulai aktif terkoneksi dengan sang pimpinan.

Sinkronisasi saraf interpersonal antar anggota bahkan memungkinkan untuk memprediksi siapa yang akan muncul sebagai pemimpin kelompok.

Dalam studi tersebut, komunikasi verbal disebabkan adanya sinkronisasi saraf lebih kuat dari pada komunikasi non-verbal. Sinkronisasi saraf terjadi dua arah, tetapi pastinya dari pemimpin kepada pengikutnya.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya