Trik Kesehatan untuk Menghindari `Sudden Death`

Mendengkur umumnya lebih banyak dialami oleh pria.
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Berolahraga, terlebih yang dilakukan dengan rutin, dapat memberi manfaat beragam bagi tubuh. Namun, bila tidak dilakukan dengan benar, olahraga bukan berakhir pada kesehatan, tapi berujung cidera.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Hal ini dinyatakan oleh Dr Carmen Jahja, seorang spesialis kesehatan dan olahraga, yang saat ini aktif menjadi salah satu praktisi kesehatan di Rumah Sakit Pondok Indah.
Empat Hal Pemicu Infeksi Jamur di Area Kewanitaan


Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan, ialah proses pemulihan tubuh setelah berolahraga. "Saat berolahraga, banyak lapisan otot yang akan robek, dan fungsi organ lain yang akan menjadi buruk, sehingga bisa menyebabkan cidera, hingga terjadinya sudden death .


Oleh karena itu, proses pemulihan sangat dibutuhkan," ujarnya. Untuk itu, ia menjelaskan apa saja yang harus dilakukan setelah kita berolahraga.


Rehidrasi


Saat berolahraga, tubuh pasti akan kehabisan energi dan cairan di dalam tubuhnya. Oleh karena itu proses rehidrasi adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengembalikan energi dan semangat pada tubuh yang sudah terforsir. Tapi jangan sembarangan minum. Minumlah air putih, atau minuman yang memiliki kandungan elektrolit tinggi, yang bisa mengganti energi yang dibutuhkan.


Pendinginan


Hal lain, yang harus dilakukan setelah berolahraga ialah pendinginan. Sebab, ketika berolahraga otot dalam tubuh pasti akan mengalami kerusakan ringan, yang dapat menyebabkan gangguan jika dibiasakan.

 

Jika olahraga tidak dilanjutkan dengan pendinginan, maka dampak buruk akan terjadi, sepeti cidera pada beberapa bagian tubuh yang dimulai dengan kram, hingga robeknya otot, karena terlalu lama digunakan. Untuk itu pendinginan hal yang harus dilakukan untuk mencegah dampak buruk olahraga.


Asupan makanan


Selain energi dan kerja otot yang terkuras habis, nutrisi dalam tubuh juga akan habis terpakai saat melakukan olahraga. Oleh karena itu, mengembalikan segala asupan bernutrisi pada tubuh setelah berolahraga juga penting.

 

Setelah berolahraga, sebaiknya Anda melahap makanan yang begizi seimbang dan tidak terlalu banyak mengandung lemak. Nutrisi tersebut bisa semakin membantu proses pemulihan tubuh yang dibutuhkan.


Istirahat


Satu hal lagi yang dibutuhkan dan harus dilakukan setelah berolahraga, ialah beristirahat cukup. Istirahat mampu melengkapi segala proses pemulihan yang dilakukan. Dengan beristirahat, Anda juga bisa semakin segar dengan energi penuh, ketika bangun tidur. Istirahat akan membantu memaksimalkan proses pemulihan yang Anda butuhkan. 


![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya