Agar Nyaman Bepergian dengan Pesawat Terbang

Wanita di dalam pesawat.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Melakukan traveling keliling dunia dengan pesawat terbang memang menjadi hal yang seru dan menyenangkan. Tapi belakangan, sering terjadinya serangkaian kecelakaan pesawat dalam satu tahun terakhir, membuat orang khawatir bepergian dengan menggunakan moda transportasi udara ini.

Tentunya tidak ada yang bisa memberikan jawaban pasti untuk menghindari kecelakaan pesawat, karena semua itu adalah rahasia Tuhan. Namun perlu diingat bahwa setiap faktor kecelakaan berbeda dan semua itu di luar kendali Anda, seperti cuaca atau keterampilan pilot menerbangkan pesawat. 

Namun meski begitu, tak ada salahnya, Anda melakukan banyak antisipasi agar merasa nyaman saat bepergian dengan pesawat. Seperti dilansir laman Xin Msn, berikut ini adalah tujuh tips penting untuk meminimalisir kecelakaan pesawat:

Perhatikan Instruksi Kru Kabin

Kebanyakan orang mengabaikan ketika pramugari menunjukkan di mana letak jaket pelampung, pintu keluar saat terjadi sesuatu, bagaimana menggunakan masker oksigen yang seharusnya menjuntai di depan wajah Anda bila diperlukan, dan sebagainya. Dalam keadaan darurat, Anda akan tahu di mana menemukan dan bagaimana menggunakan perangkat penyelamat nyawa tersebut jika Anda memperhatikan intruksi kru kabin.

Tetap Waspada Saat Lepas Landas

Kebanyakan kecelakaan terjadi ketika pesawat sedang lepas landas atau mendarat. Tetaplah terjaga saat akan lepas landas, hal ini untuk meningkatkan respons yang cepat jika terjadi sesuatu.

Selektif Pilih Maskapai

Ketika akan membeli tiket pesawat, perhatikan maskapai penerbangan Anda dan cari tahu informasi tentang rekam jejak profesionalisme maskapai. Tak ada salahnya pula, cari tahu, soal riwayat kecelakaan yang pernah dialami maskapai tersebut dan faktor keamanan penting lainnya. Disarankan, jangan tergoda dengan membeli tiket murah, tapi pastikan bahwa biaya murah tidak akan mengorbankan jiwa Anda.

Memakai Baju yang Nyaman

Mengenakan baju yang nyaman saat penerbangan sebenarnya sebuah hal yang jarang diperhatikan tiap orang. Seseorang tidak akan tahu kapan terjadinya kecelakaan.

Perlu perhatian khusus demi keselamatan dengan mengenakan baju yang tidak mudah terbakar dan nyaman saat bergerak. Jangan memakai sepatu hak tinggi, karena akan sulit untuk bergerak dan tidak
melindungi kaki Anda bahkan bisa menusuk slide evakuasi.

Atur Rencana

Hitunglah jumlah baris kursi di antara tempat Anda duduk hingga pintu darurat. Dengan ini Anda bisa bersiap-siap bila hal terburuk terjadi, dan bergerak cepat menuju pintu darurat.

Jika pesawat benar-benar mengalami kecelakaan, Anda akan memiliki beberapa  menit untuk memikirkan rencana secara singkat. Cari tahu untuk menentukan di mana pesawat bisa mendarat. Jangan mengandalkan arahan dari awak pesawat.

Kencangkan Sabuk Pengaman

Saat akan lepas landas eratkan sabuk pengaman Anda dalam posisi tetap rendah, di pinggul Anda bukan pada perut Anda. Biasanya pinggul lebih mampu menahan kekuatan. Kunci ikat pinggang Anda dengan maksimal.

Ambil Tindakan

Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar

Ketika pesawat akan mengalami kecelakaan biasanya penumpang tetap bertahan itulah dampak awal kecelakaan, CNN melaporkan dan memperkirakan bahwa kemungkinan untuk selamat akan lebih tinggi jika kita bisa keluar pesawat dalam waktu 90 detik setelah kecelakaan terjadi.

Tentu, beda kasusnya jika pesawat langsung tenggelam maupun langsung hancur. Namun, seperti yang telah diutarakan di atas, 40 persen lebih kematian dalam kecelakaan bukan disebabkan oleh kecelakaan itu, melainkan karena dampak paska kecelakaan seperti
kebakaran, asap, dan lain-lain.

![vivamore="
Menyusuri Sungai Cigenter, 'Amazon' di Ujung Kulon
Baca Juga :"]
Pantai Kayuburu Tuan Rumah Festival Nasional Musik Tradisi

[/vivamore]

5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda

Tempat berlibur petualang tentu berbeda dengan yang suka santai

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016