Ini Cara Memperbarui Resume

Wanita bekerja dengan komputer.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Jadi Menarik
- Anda mungkin pernah mendengar bahwa harus menyesuaikan resume atau lamaran pekerjaan untuk setiap pekerjaan yang akan Anda lamar. Hal ini sangat baik, karena Anda memiliki banyak persiapan untuk melamar pekerjaan di berbagai perusahaan.

Peran Jenderal Bintang 4 yang Diduga Terlibat Korupsi Timah Rp 271 Triliun
Mungkin saatnya untuk mengambil langkah dalam menyesuaikan lamaran pekerjaan Anda. Berikut cara untuk memperbarui resume Anda, seperti dilansir laman USNews.

Mengenal Sepak Terjang Karier Alvina Elysia, Dirut Perempuan di Anak Perusahaan Pupuk Kaltim
Buat resume utama

Ini adalah pokok bagi semua pencari kerja, tidak peduli latar belakang mereka di perusahaan sekarang. Anda perlu satu versi lamaran pekerjaan dengan latar belakang yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan. Anda tinggal menambah setiap kali Anda mendapat sesuatu hal baru. 

Catat semua pekerjaan dan magang, pendidikan, pelatihan profesional, sertifikat, penghargaan, bahasa, pengetahuan teknis, dan berbagai data lainnya dengan lengkap.

Bersihkan resume 

Resume utama bukanlah tempat pembuangan untuk setiap bagian sejarah yang berhubungan dengan pekerjaan. Anda bisa mengubah data dengan membersihkan format tata bahasa, kesalahan penulisan, dan berbagai kesalahan lainnya. Lakukan lah hal ini agar perusahaan yang Anda lamar melihatnya lebih tertata. 

Setelah selesai mengubah data yang ada di lamaran pekerjaan Anda, berikan lah kepada teman untuk membantu melihat ada kekurangan atau tidak pada surat lamaran pekerjaan Anda. 

Buat deskripsi pekerjaan 

Jika Anda menemukan pekerjaan yang diinginkan, hal pertama yang harus dilakukan adalah bacalah deskripsi dengan jelas yang diinginkan oleh perusahaan. Lalu, buatlah lamaran pekerjaan yang sesuai dengan deskripsi tersebut agar dapat dilihat oleh perusahaan.

Simpan dan hapus

Setelah Anda merasa memenuhi syarat untuk pekerjaan dan memiliki pemahaman baik tentang apa yang perusahaan cari, saatnya untuk melihat lamaran pekerjaan dan menyimpan versi terbaru. Jika melihat lamaran pekerjaan Anda tidak sesuai, hapus kriteria yang tidak perlu untuk perusahaan yang akan Anda lamar.

Tinjau kembali

Lamaran pekerjaan Anda perlu dilihat untuk mengetahui apakah ada kesalahan pada file ketika dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain. Teknologi berubah setiap waktu, seperti halnya software, untuk itu Anda perlu meninjau lamaran pekerjaan Anda agar mengetahui tidak ada kesalahan dalam penulisan atau berbagai kesalahan lainnya. (art)   
![vivamore="
Baca Juga
:"]


[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya