Studi: Musik Klasik Mampu Bikin Kucing Rileks

Kucing.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Hewan-hewan Ini Ternyata Bisa Memprediksi Bencana
- Tak hanya manusia, musik ternyata juga dapat mempengaruhi mood atau suasana hati kucing. Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah studi yang belum lama ini dilakukan.

Aneh, Singa Ini Punya Gigi di Kepala
Studi tersebut menunjukkan bahwa lagu klasik yang dimainkan oleh alat musik biola merupakan cara terbaik membuat kucinng kesayangan Anda menjadi rileks.

Tujuh Kisah Nyata Manusia yang Diasuh oleh Hewan
Dilansir dari Daily Mail, peneliti menemukan bahwa lagu String yang dimainkan oleh Samuel Barber Adagio dapat menenangkan kucing dan bahkan dapat membantu mereka pulih lebih cepat setelah berkunjung ke dokter hewan.

Hal tersebut diketahui setelah melakukan sebuah eksperimen yang terbilang aneh. Peneliti memasang headphone pada telinga kucing dan memperdengarkan musik saat kucing tersebut sedang menjalani operasi di sebuah klinik di Portugal.

Selama dua menit penuh, peneliti memperdengarkan lagu klasik, pop dan rock kepada kucing yang berada di bawah pengaruh obat bius. Peneliti pun mengukur reaksi mereka menggunakan mesin khusus.

Hasilnya, lagu Strings milik Adagio Samuel Barber membuat kucing lebih santai. Sementara itu, lagu Natalie Imbruglia berjudul Torn sedikit kurang efektif dalam menenangkan pikiran kucing.

Sementara itu, lagu rock berjudul Thunderstruck yang dinyanyikan AC/DC mampu meningkatkan tingkat stres kucing.

Musik memang telah lama dikenal bisa membantu mengurangi rasa sakit dan stres pada manusia. Ini merupakan studi pertama yang membuktikan bahwa hal tersebut juga berlaku pada kucing.

"Setelah membaca tentang pengaruh musik menggunakan parameter fisiologis pada manusia, saya memutuskan untuk merancang sebuah protokol studi untuk mengetahui apakah musik bisa memiliki efek fisiologis pada pasien bedah saya," ujar Dr. Miguel Carreira, ahli bedah hewan di University of Lisbon, Portugal.

Ide tersebut tercetus ketika ia memperhatikan sebagian besar kucing yang dibawa oleh sang pemilik kepadanya terlihat tenang saat mendengar musik klasik. Di teater bedah di fakultas di mana ia mengajar dan di pusat medis veteriner pribadinya, musik memang selalu diperdengarkan.

"Selama konsultasi saya perhatikan, misalnya, bahwa sebagian besar kucing menjadi lebih tenang, percaya diri dan toleran saat menjalani evaluasi klinis sambil mendengarkan musik klasik, terutama komposisi George Handel," ucapnya.

Dalam studi tersebut peneliti memperdengarkan musik melalui headphone pada sebanyak 12 ekor kucing saat mereka menjalani bedah sterilisasi. Sebelumnya, pernapasan mereka juga telah diukur dan tubuh mereka dipasang alat monitor detak jantung. (art)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya