Pestisida pada Sayur dan Buah Ancam Kualitas Sperma

Ilustrasi sperma.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Sulit Hamil, Upaya Ini Bisa Jadi Solusi
-
Ladies
Pria Wajib Tahu 6 Fakta di Balik Sperma Ini
, memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh, bukan hanya dilakukan untuk diri sendiri, tapi juga ke orang tersayang. Namun berhati-hatilah dalam memberikan nutrisi lengkap bagi pasangan. Dalam hal ini, buah-buahan yang dimakan, kandungannya bisa membahayakan kesehatan pria, yakni pada spermanya. Bagaimana bisa?
Ingin Tingkatkan Kualitas Sperma, Konsumsi Makanan Ini

Dilansir dari
Dailymail
, pestisida dalam buah dan sayur, adalah penyebab utama dari gangguan sperma. "Pria yang banyak memakan buah-buahan dan sayur-sayuran dengan tingkat pestisida yang tinggi, akan memiliki penurunan kualitas sperma," ujar Jorge Chavarro, asisten profesor dari School of Public Health, di Boston.


Namun Jorge mengatakan, penemuan ini semestinya tidak membuat orang membatasi diri dalam mengonsumsi buah dan sayur, namun membuatnya lebih bijak dan berhati-hati dalam memilih yang baik untuk kesehatan.


Beberapa jenis buah yang mengandung pestisida dalam jumlah banyak ialah seperti stroberi, apel, pir, bayam, dan cabai. Hal ini dikarenakan banyaknya hama yang menyerang jenis buah dan sayur.


"Pria yang memakan buah berpestisida hanya menghasilkan 86 juta sel sperma, sedangkan yang sedikit memakan buah berpestisida, mampu menghasilkan hingga 170 juta sel sperma dengan kualitas baik," ujar Jorge, setelah meneliti beberapa responden yang dan diteliti sel spermanya.


Penurunan jumlah dan kualitas sperma ini, menurut Jorge dan tim peneliti, mencapai angka 35 persen dari keadaan dan jumlah sperma dalam keadaan normal. Oleh karena itu, sebaiknya, pilihlah buah dan sayur dengan tingkat pestisida yang rendah, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, anggur, dan bawang merah.


Namun, tentunya ada cara untuk Anda yang ingin tetap memakan buah dan sayuran segar tanpa terkena risiko ini. Caranya ialah dengan membersihkan terlebih dahulu buah dan sayur yang akan dikonsumsi. Jika bisa diolah, sebaiknya buah tersebut diolah dulu, agar jumlah pestisidanya tidak membahayakan kesehatan Anda.


Namun yang lebih penting ialah, menjaga selalu kebersihan dan kehigienisan makanan yang akan dikonsumsi, agar tubuh dapat terhindar dari ancaman lain yang bisa membahayakan jiwa.


![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya