Memakai Dosis Obat Sembarangan, Akibatkan Gagal Ginjal

Ginjal.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Pengakuan Sahabat Soal Penyakit Pelawak Eko DJ
- Gagal ginjal adalah kondisi berkurangnya kemampuan ginjal untuk menyaring racun, zat sisa, dan cairan berlebih dari darah, yang terjadi secara perlahan-lahan di tubuh. Kondisi ini membuat terjadinya penumpukan cairan dan zat sisa racun.

Waspada Gejala Penyakit Ginjal Kronik

Gagal ginjal dapat berkembang menjadi kronis dan kian parah, kadang bahkan membutuhkan terapi cuci darah atau transplantasi ginjal. Aria Wibowo, dokter dari laman Meetdoctor menjelaskan penyebab gagal ginjal.
Cara Mencegah Gagal Ginjal Sejak Dini


Gagal ginjal itu bisa kita bagi menjadi akut dan kronis. Gagal ginjal yang akut harus segera dicari tahu penyebabnya, yaitu karena kerusakan pada ginjal, adanya hambatan yang membuat aliran darah ke ginjal pelan, atau zat sisa yang sudah disaring tidak dapat keluar melalui urine. "Ini biasanya  terjadi pada kasus kehilangan banyak darah, dehidrasi, dan luka bakar,” kata Aria.


Sedangkan gagal ginjal kronis, biasanya disebabkan penyakit dasar yang menahun seperti hipertensi dan diabetes. Untuk mengatasinya, disarankan membatasi konsumsi minum alkohol, bahkan kalau bisa hilangkan sama sekali.


Lalu harus mematuhi instruksi yang tertera pada obat yang dijual bebas di pasaran. Karena tidak mematuhi dosis yang dianjurkan, dapat pula merusak ginjal. Menjaga berat badan ideal juga membantu Anda keluar dari masalah ini.


“Jangan merokok, serta hindari konsumsi obat pereda nyeri dengan pemakaian berlebih. Segera berkonsultasi ke dokter jika Anda memiliki masalah dengan kondisi ginjal atau penyakit lainnya,” ujar Aria.


![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya