Riset Menghebohkan, Alkohol Perpanjang Usia

Ilustrasi minuman beralkohol.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Ini Sebab Minuman Beralkohol Bikin Cegukan
- Belum lama ini, sebuah studi mengklaim bahwa tingkat kematian orang yang menghindari alkohol lebih tinggi daripada peminum alkohol kelas berat atau bahkan orang yang mengonsumsi alkohol secara moderat (1-3 gelas sehari).

Pengusaha Minuman Beralkohol Merasa Dikriminalisasi
Seperti yang dilansir dari Food Beast, studi yang dipimpin oleh Charles Holahan dari University of Texas di Austin itu melibatkan sebanyak 1.824 peserta yang berusia antara 55 hingga 65 tahun. Mereka diteliti selama 20 tahun penuh dengan memperhitungkan status sosial, ekonomi dan tingkat aktivitas fisiknya.

Studi: Alkohol Buat Anda Makan Berlebihan
Hasilnya, hanya 41 persen dari peserta yang merupakan peminum alkohol moderat yang meninggal lebih awal. Sedangkan sebanyak 69 persen peserta yang tidak pernah mengonsumsi alkohol meninggal lebih awal. Sementara peminum alkohol kelas berat memiliki angka kematian lebih awal sebesar 61 persen.

Dari hasil tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa jika dikonsumsi sesekali, alkohol mampu meningkatkan kemungkinan seseorang untuk hidup lebih lama.

Tentu klaim ini mengejutkan publik. Namun, banyak yang meragukan keabsahan klaim tadi karena para peneliti tidak dapat menjelaskan secara lengkap alasan di balik hasil yang mereka temukan.

Mengenai hal ini, banyak dugaan yang muncul, salah satunya ialah alkohol mampu membuat peminumnya memiliki banyak teman dan menghabiskan waktu-waktu yang menyenangkan.

"Penjelasan yang paling memungkinkan adalah alkohol bisa menjadi pelumas sosial yang besar dan jaringan sosial yang kuat sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik," demikian Food Beast melansir Business Insider.

Sebelumnya, banyak ahli yang telah mengungkapkan bahwa mengonsumsi alkohol sesekali dapat menurunkan stres.

Studi ini telah diterbitkan dalam jurnal Alcoholism: Clinical and Experimental Research.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya