Peneliti: Pengangkatan Ovarium, Risiko Menopause Dini

Kanker.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Publik baru-baru ini sempat digegerkan dengan pengakuan aktris Angelina Jollie, yang menjalani operasi pengangkatan sel telur atau yang biasa disebut ovarium. Pengangkatan ovarium yang dilakukan aktris ini, diakuinya sebagai tindakan pencegahan penyakit kanker sel telur yang mengancam.

Keputusan ini dinilai banyak orang sebagai hal yang tepat, sebagai bentuk penyelamatan. Namun jika dipandang dari segi medis, tindakan yang dilakukan istri Brad Pitt ini, memiliki efek samping yakni proses menopause yang jadi lebih cepat.

Bila rata-rata wanita di Amerika Serikat mengalami menopause di usia 51 tahun, maka yang melakukan operasi ini diprediksi peneliti akan mengalami menopause di usia 39 tahun.

Cegah Kanker Ovarium dengan Sembilan Makanan Sehat Ini

Dilansir dari Fox News, menopause dini merupakan risiko yang muncul dari operasi pengangkatan sel telur yang justru ditujukan untuk mencegah kanker. Hal ini dibenarkan dr Elizabeth Poynor, dari Lenox Hill Hospital di New York.

Elizabeth mengungkapkan, beberapa indikator yang membuat datangnya menopause yang lebih dini, ialah keadaan di mana tubuh yang secara spontan berhenti membuahi, atau beberapa jenis medikasi, seperti salah satunya operasi pengangkatan sel telur.

Kurangnya pasokan hormon esterogen, adalah hal yang juga melatar belakangi terjadinya menopause dini. Jadi masuk akal, bila pengangkatan sel telur memberi dampak bagi jumlah esterogen, mengingat produksi esterogen berasal dari sel-sel telur yang ada.

Solusi dari dampak buruk yang didatangkan operasi pengangkatan sel telur ini, bisa dilakukan dengan terapi hormon. Terapi ini akan disesuaikan dengan usia wanita yang mengalami menopause dini, sehingga perawatannya juga bisa lebih spesifik dan memberikan hasil signifikan.

Yang lebih penting, seseorang yang mengalami menopause dini, harus memenuhi diri dengan kandungan nutrisi lengkap, yang bisa merangsang produksi esterogen, yang berpengaruh pada kesehatan organ intim kewanitaan.

![vivamore="
Sepuluh Gejala Kanker Ovarium yang Perlu Diketahui
Baca Juga :"]
Indeks Keselamatan Jurnalis 2023 Ungkap Keamanan saat Peliputan Belum Terjamin Penuh



[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya