Apakah Gagal Ginjal Bisa Disembuhkan?

Ilustrasi ginjal.
Sumber :
  • istock

VIVA.co.id -  Dokter dari laman Meetdoctor Aria Wibowo mengatakan, gagal ginjal adalah kondisi berkurangnya kemampuan ginjal untuk menyaring racun, zat sisa, dan cairan berlebih dari darah, yang terjadi secara perlahan-lahan di tubuh. Kondisi ini membuat terjadinya penumpukan cairan dan zat sisa racun.

Pengakuan Sahabat Soal Penyakit Pelawak Eko DJ

Efek gagal ginjal dapat berkembang menjadi kronis dan kian parah, kadang bahkan membutuhkan terapi cuci darah atau transplantasi ginjal. Lalu, apakah penyakit gagal ginjal bisa menurun?

Aria menerangkan, penyakit gagal ginjal tidak diturunkan. Pada gagal ginjal kronis, yang akan menurun adalah penyakit penyebabnya, seperti diabetes dan hipertensi. Kemudian, jika sudah terjadi gagal ginjal apakah bisa sembuh total?

Waspada Gejala Penyakit Ginjal Kronik

“Penanganan gagal ginjal akut akan meliputi pengobatan penyebabnya dan komplikasi yang terjadi. Untuk mengatasi komplikasi, biasanya berupa pengobatan untuk menyeimbangkan cairan di dalam darah, mengontrol kalium dan kalsium di dalam darah, serta dialisis untuk mengeluarkan racun dari darah,” terang sang dokter.

Gagal ginjal kronis tidak dapat disembuhkan. Namun, penanganan yang tepat dapat meredakan gejalanya, mencegah komplikasi, dan memerlambat perkembangan penyakitnya. Penanganan gagal ginjal kronis difokuskan pada mengatasi penyebabnya, dan mengatasi komplikasi.

Cara Mencegah Gagal Ginjal Sejak Dini

“Untuk komplikasi, penanganannya dapat berupa pemberian obat guna mengontrol tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, meredakan anemia, meredakan pembengkakan, melindungi tulang, dan meminimalkan racun serta zat sisa dalam darah. “ 

  

![vivamore="Baca Juga :"]



[/vivamore]
VIVA.co.id
-

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya