Idap Kelainan Makan, Wanita Ini Ngidam Batu

Ilustrasi hamil.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Selama masa mengandung, seorang ibu bisa mengalami berbagai hal yang menyelangi masa kehamilan, salah satunya ngidam. Ngidam, adalah kecenderungan yang dimiliki calon ibu, tak jarang juga calon ayah, yang memiliki ketertarikan pada sebuah makanan.

Tak jarang, makanan yang dipilih, adalah makanan aneh yang bahkan jarang dikonsumsinya sebelum hamil. Namun, pengalaman berbeda mengenai ngidam, dimiliki seorang ibu di New York, Amerika serikat.

Silvia, seorang ibu muda, menceritakan pengalaman yang dimilikinya selama mengandung putra pertama. Berbeda dari ibu kebanyakan yang ngidam makanan manis, Silvia justru memiliki ketertarikan pada benda yang tidak wajar, yakni batu kerikil.

Hal ini berlatar belakang dari kelainan makan yang diidapnya, yang bernama pica. Ini kebiasaan makan yang membuat penderitanya tertarik melahap makanan yang tidak bisa dikonsumsi seperti batu, keramik, tanah, dan lainnya.

Dilansir dari Dailymail, Silvia memiliki ketertarikan khusus pada bebatuan kecil yang ada di sekitar rumahnya. Kelainan ini semakin parah, ketika usia kandungan nya makin tua.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

"Saya bisa seharian makan kerikil kecil yang saya temukan di sekitar rumah," ujarnya, pada media lokal yang menyiarkan kisahnya ke layar kaca. Kecenderungan makan kerikil ini, diakui Silvia lama-kelamaan memunculkan kekhawatiran di benaknya dan Estevan, pasangannya.

Berkali-kali Silvia mencoba tidak memakan kerikil karena sadar akan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan janin dalam kandungan. Namun semakin ditahan, keinginannya memakan kerikil justru semakin kuat.

"Yang saya tahu, apa yang dimakan ibu akan dimakan janin, jadi saya takut janin akan kekurangan nutrisi," ujar Estevan. Kecemasan pria itu semakin memuncak, ketika Silvia merasakan adanya rasa sakit yang hebat dalam perut.

Menurut dr Robert K Silvermen, seseorang dengan kelainan Pica, memang sangat berbahaya ketika hamil, mengingat nutrisi tubuh yang tidak tercukupi dengan baik. Namun kabar baiknya, janin yang dikandung Silvia sehat, dan akhirnya lahir selamat di rumah sakit setempat.

![vivamore="
Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini
Baca Juga :"]
Otto Hasibuan: Kami Minta Megawati Dipanggil di Sidang MK, Mau Enggak?


[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya