Ibu Hamil Dilarang Bepergian Jauh dengan Pesawat, Mengapa?

Ilustrasi hamil.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Make Up Artist Ini Dikira Hamil Tak Tahunya Kanker
- Menjadi wanita seringkali mendengar banyak pantangan. Tidak boleh ini dan itu. Termasuk sering ada larangan tidak boleh melakukan perjalanan jauh dengan pesawat terbang.

Hamil Enam Bulan, Jennifer Arnelita Siapkan Nama Anak

Namun, artis sekaligus istri Raffi Ahmad, Nagita Slavina, pada kehamilannya yang menginjak usia lima bulan, ia selalu ingin jalan-jalan dengan pesawat terbang.
Inilah Ciri Perubahan Saat Jelang Awal Kehamilan


Raffi pun sempat khawatir, dengan keinginan istrinya jika dituruti. Ia pun sempat melakukan konsultasi pada dokter spesialis kandungan, amankah wanita hamil melakukan perjalanan jauh, terutama dengan pesawat terbang?


Spesialis kebidanan dr. Josoprawiro saat tampil di acara
Pesbukers ANTV
pun mengungkapkan secara singkat, mengapa seringkali wanita hamil dilarang bepergian jauh menggunakan pesawat.


"Kalau untuk Gigi --Nagita, itu hamil normal, jadi kandungannya juga normal. Pertumbuhan janinnya juga normal. Jadi, kalau selama masa kehamilan, kondisi si ibu sehat, boleh-boleh saja melakukan perjalanan dengan pesawat," kata dokter yang akrab disapa Yoso ini.


Namun, satu hal yang perlu diketahui, jika usia kandungan ibu hamil sudah menginjak lebih dari 8 bulan, justru melakukan perjalanan jauh dengan pesawat sangat dilarang.


"Kalau naik transportasi darat masih boleh. Kalau naik pesawat dilarang karena dikhawatirkan melahirkan di atas pesawat dan tidak ada petugas medis," Yos menjelaskan.


Namun, ia juga menambahkan, alangkah lebih baik, wanita dengan usia kehamilan 8 bulan, sudah tidak melakukan perjalanan jauh, baik melalui jalur transportasi darat maupun udara.


"Kalau perjalanannya dekat tidak apa-apa. Asal bukan perjalanan jauh," tuturnya. (art)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya