Manfaat Penting Protein untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamil makan
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Cerita Herjunot Ali yang Sudah 20 Tahun Jadi DJ
- Mantan personel Cherrybelle, Sarwendah kini tengah tujuh bulan. Istri Ruben Onsu ini mengaku, selama masa kehamilannya ia sempat mengalami banyak masalah.

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun

"Waktu itu, aku pernah kurang protein, jadi aku pernah alami masalah saat hamil," kata Wenda di acara
Airlangga Dapat Dukungan Satkar Ulama jadi Ketum Golkar Lagi, Didoakan Menang Aklamasi
Pesbukers ANTV.

Diakui pula oleh spesialis kebidanan dr Josoprawiro, wanita yang sedang hamil memang sangat butuh nutrisi ekstra. Bukan hanya untuk ibu tapi juga untuk pertumbuhan janin yang dikandungnya.


Protein, merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan wanita hamil. "Jadi gizi ibu hamil itu harus cukup, jangan diet, proteinnya harus cukup," kata dokter yang akrab disapa Yoso ini.


Diakui pula olehnya, protein memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil. Selain menjadi sumber bagi kalori dan zat pembangun, pembentukan darah dan sel merupakan salah satu fungsi protein.


Dirangkum dari berbagai sumber, protein dibutuhkan oleh ibu hamil dengan jumlah sekitar 60 gram setiap harinya atau 10 gram lebih banyak dari biasanya. Protein bisa didapatkan dari kacang-kacangan, tempe, putih telur, daging dan tahu.


Dan perlu diketahui, kurang protein pada wanita hamil berisiko menyebabkan bayi lebih kecil, bayi mengalami masalah seperti bibir sumbing atau kelainan fisik lainnya. Bahkan, kekurangan protein berefek pada kurang sempurnanya pembentukkan air susu ibu kelak dalam masa laktasi.


Tapi perlu diingat juga, nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil tak hanya protein. Pemenuhan nutrisi seimbang tetap harus diperhatikan, mulai dari lemak, folat, kalsium, zat besi, zinc, vitamin A dan sebagainya.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya