Tes Keberanian, Menyusuri 6 Wisata Angker di Indonesia

Gua Jepang di Bandung
Sumber :
  • VIVAnews/Tasya Paramitha

VIVA.co.id - Adanya tempat wisata tak melulu menampilkan keindahan dan kecantikan alam. Sebagian tempat wisata bahkan menjadi daya tarik justru bukan hanya sekadar keindahannya, melainkan karena menyimpan cerita misteri yang membuat banyak orang penasaran.

Sebagian tempat penuh misteri ini, juga dianggap angker. Namun hal itu justru menjadi magnet tersendiri untuk menarik pengunjung.

Tempat-tempat yang paling angker di Indonesia banyak juga dikenal di mancanegara. Penasaran tempat mana saja yang dianggap angker? Berikut VIVA.co.id rangkum untuk Anda.

Gua Jepang di Lembang, Bandung

Gua Jepang berada di dalam Taman Hutan Ir Juanda, Bandung. Gua Jepang ini dibangun pada tahun 1942.

Lima Destinasi Wisata Angker untuk Para Traveler

Saat itu pasukan tentara Jepang masih menguasai Indonesia dan menggunakan gua yang tanpa penerangan ini sebagai tempat persembunyian dari serangan musuh.

Pada saat pembangunannya, penduduk pribumi dipaksa bekerja sebagai romusha demi mencapai kesempurnaan gua. Dan karena kerja keras tanpa diberi makan, banyak yang meninggal dunia.

Menurut cerita banyak orang,  di dalam gua ini sering terdengar suara jeritan, rintihan serta penampakan wujud orang-orang yang dulunya disiksa dan dipenjarakan di gua yang lembab dan pengap ini.

Lawang Sewu

Bangunan yang terletak di Bundaran Tugu Muda dan berdiri sejak 1907 tersebut merupakan salah satu bangunan yang paling bersejarah untuk Indonesia.

Sebab, dulunya dipakai sebagai gedung pemerintahan Belanda dan Jepang. Bagaimana tidak, bangunan tersebut adalah saksi bisu kelamnya masa penjajahan yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan bangunan ini menjadi sejarah tempat bertempurnya para pahlawan tanah air untuk mengusir serdadu Jepang.

Tidak hanya itu,  gedung ini juga menjadi saksi tempat ratusan bahkan ribuan pejuang Indonesia disiksa. Kilas balik sejarah tersebutlah yang membuat gedung ini menjadi tempat paling horor di Semarang.

Banyak orang mengatakan, ada sejumlah makhluk gaib yang menghuni Lawang Sewu, mulai dari yang aneh, lucu, cantik sampai yang paling menyeramkan.

Bahkan ad apula yang mengatakan, semua hantu tersebut punya daerah kekuasaan masing-masing. Hal tersebut juga diperkuat dengan penuturan dari salah seorang paranormal Semarang yang mengatakan bahwa di Lawang Sewu banyak di huni oleh makhluk gaib.

Sensasi Berlibur di Kota Angker



Pantai Parangtritis

Menguak misteri pantai ini memang tidak ada habisnya. Pantai Parangtritis yang berada di daerah Istimewa Yogyakarta ini  sangat terkenal bahkan menjadi salah satu pantai terpadat yang dikunjungi wisatawan.

Selain pantainya yang indah, para wisatawan dapat berlibur di pantai ini dengan menggunakan tempat penginapan yang disediakan di sekitar pantai.

Konon dari cerita masyarakat, sekitar pantai ini setiap beberapa tahun sekali pasti ada saja ada yang menjadi tumbal ganasnya ombak. Banyak yang mengatakan kejadian ini sangat erat kaitannya dengan cerita ratu pantai selatan.

Parangtritis menjadi salah satu tempat persembahan sesajian pada
Malam Satu Suro.

Tana Toraja

Toraja adalah sebuah suku yang menetap di pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan, Indonesia.

Populasinya diperkirakan sekitar satu juta jiwa dan sebagian masyarakatnya masih menganut kepercayaan animisme yang dikenal dengan kepercayaan Aluk To Dolo

Gunung Sesean, terletak di Tana Toraja Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Sesean, Kabupaten Toraja Utara masih menyimpan misteri.

Di sini, ritual membangunkan mayat dari kuburan menjadi tradisi warga setempat, meski ada pertentangan dari sejumlah pihak.

Selain Gunung Sesean, wilayah yang menyedot perhatian adalah Desa Silanang. Di desa ini terdapat kuburan massal. Kuburan massal itu terletak di sebuah gua, dan penduduk setempat mengatakan bahwa mayat yang disimpan di sana tidak pernah membusuk dan bau.

Mayat-mayat  itu tidak diberi perlakuan khusus seperti proses pembalseman seperti pada mumi Mesir Kuno. Menurut beberapa penelitian, hal ini dikarenakan ada semacam zat dari pohon di sana yang bisa menyerap bau busuk. Tak hanya itu manfaatnya, bisa juga, menjauhkan dari serangga-serangga yang menyebabkan mayat cepat membusuk.

Selain itu, kuburan ajaib itu terdapat sebuah kisah mengenai mayat berjalan yang dikendalikan oleh seorang pawang. Mayat itu dikatakan berjalan layaknya orang yang masih hidup, hanya saja cara berjalannya agak terseok-seok. Mayat itu dikendalikan dengan tujuan untuk menuntunnya kembali ke tujuan akhirnya, yaitu rumahnya sendiri.

Inilah Lima Tempat Paling Angker di Jawa Timur

Jembatan Ancol

Jembatan Ancol  dulunya merupakan jembatan goyang, berada di Jakarta Utara. Si manis Jembatan Ancol dipercayai adalah arwah Maryam atau Siti Ariah.

Beberapa cerita yang berkembang di daerah itu, Maryam adalah seorang gadis kembang desa yang diperkosa lalu kemudian dibunuh dan mayatnya dibuang ke sungai yang ada di bawah Jembatan Ancol.

Semenjak itu, seringkali terjadi penampakan seorang wanita cantik di tengah malam. Diyakini gadis tersebut adalah si Manis Jembatan Ancol. Selain itu, ada juga cerita mengenai penampakan si manis ini di depan Hotel Horison Ancol. Konon sering ada wanita cantik yang melintas di depan hotel ini dan ketika akan dilihat secara seksama, wanita itu menghilang entah kemana.

Lubang Buaya

Dikenal sebagai Monumen Pancasila Sakti, tempat ini terletak di sebuah desa bernama Desa Lubang Buaya. Pada 30 September 1965, ditemukan enam jenazah jenderal dan seorang letnan TNI dikubur di dalam sumur di desa ini.

Sumur tua ini tempat dibantainya para jenderal TNI secara sadis dalam kasus G30S/PKI. Konon, hingga saat ini masih ada warga yang sering mendengar suara jeritan dan tangisan.

Di sebelah sumur tersebut, terdapat ruang yang  di dalamnya terisi patung-patung replika dan kerap terdengar suara yang menceritakan penyiksaan terhadap ketujuh tentara yang kemudian dikukuhkan sebagai Pahlawan Revolusi itu.

Menurut cerita, banyak yang pernah melihat sosok gaib bila melewati daerah Lubang Buaya di malam hari. Seorang petugas loket yang tidak mau disebutkan namanya mengaku pernah mendengar suara langkah
sepatu boots seperti tentara yang sedang berbaris di suatu malam.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya