Sensasi Snorkeling di Pantai Nglambor

Ilustrasi menyelam.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ochi April
VIVA.co.id
Perempuan Tiongkok Tewas Saat Snorkeling di Bali
- Melihat pemandangan pantai yang indah memang menjadi hal yang menyenangkan. Tapi akan lebih menyenangkan lagi, jika Anda sekaligus bisa melihat keindahan bawah lautnya.

Ada Kabar Jaksa Peras Saksi hingga Rp3 Miliar, KPK Bilang Begini

Saat berkunjung ke Yogyakarta, Anda juga bisa merasakan sensasi snorkeling melihat keindahan bawah laut. Salah satu tujuan wisata pantai di selatan Yogyakarta yakni Pantai Nglambor, Gunungkidul kini  menawarkan wisata menyelam atau snorkeling.
Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak, Mendag Zulhas: Tunggu Tanggal Mainnya!


Penat selama perjalanan dua jam dari Yogyakarta akan hilang begitu menjejakkan kaki di lokasi wisata ini. Terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, berjarak sekitar 75 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, Pantai Nglambor dapat ditempuh dua jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk mencapai Pantai Nglambor, pengunjung harus melewati Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Siung.


Pantai ini memang dekat dengan Pantai Siung. Di TPR pengunjung hanya membawyar Rp5.000.


Setibanya di tempat parkir, pengunjung memang masih harus berjalan sepanjang 1 kilometer menuju lokasi pantai.


Jalan yang masih berbatu, membuat pengendara motor harus berhati-hati. Jalan tersebut memang belum bisa dilalui kendaraan roda empat.


Kendati harus berjalan kaki dari lokasi parkir menuju pantai, pemandangan laut Selatan yang terlihat dari atas menghilangkan semua lelah.


Ditambah lagi begitu menjejakkan kaki di pasir putih, ditingkahi deburan ombak dan langit yang membiru, semua menjadi obat yang tiada harganya.


Deburan ombak membentur karang seolah menjadi ucapan selamat datang untuk para wisatawan.


Pantai Nglambor sendiri,  diapit dua bukit karang besar. Karena diapit dua karang itulah maka Pantai Nglambor aman untuk berenang dan menyelam.


"Tapi ada masa-masa tertentu juga saat ombak tinggi wisatwan dilarang berenang atau snorkeling," kata Yusuf Adhitya Putratama, pengelola Bintang Nglambor Snorkeling yang menyewakan alat selam dan snorkling kepada
VIVA.co.id
, Minggu 12 April 2015.


Biasanya sebelum mengajak wisatawan snorkeling, ia bersama timnya akan melihat kondisi ombak. Jika sudah memungkinkan untuk menyelam maka wisatawan akan dipandu oleh mereka.


Untuk menyelam atau snorkeling di Pantai Nglambor, wisatawan dapat menyewa alatnya di BNS. Untuk alat snorkling lengkap, sepatu serta foto tiga kali di di dalam air pengunjung hanya membayar Rp50.000.


Jasa foto ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang akhirnya memamerka foto saat snorkeling tersebut di media sosial.


"Luar biasa, saya suka pantai ini. Saat snorkeling dan ada ombak datang itu bikin kita jadi merasakan sensasi yang berbeda. Tubuh seperti digoyang," kata Sisca, wisatawan asal Jerman.


Ia sengaja datang bersama suami dan anaknya ke Pantai Nglambor karena penasaran dengan informasi yang dilihatnya di sosial media.


Saat snorkeling itulah, selain melihat terumbu karang beragam jenis ikan dengan warna dan bentuk yang unik bisa ditemui seperti ikan trigger, morish idol, blue devil, dan lainnya.


Keberadaan Pantai Nglambor memang baru dikenal empat bulan ini. Pantai yang semula hanya sebagai tempat mancing ini memang terus dipromosikan melalui media sosial seperti Instagram, Twitter dan Facebook.

![vivamore="
Baca Juga
:"]


[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya