Tips Kebersihan saat Menggunakan Toilet Umum

4 Hal yang Menyebabkan Sering Buang Air Kecil
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Toilet Umum Ini Bikin Kamu Betah di Dalamnya
- Toilet umum, adalah fasilitas yang sangat menguntungkan untuk Anda yang mendapat panggilan alam di saat tidak terduga. Fasilitas ini, sudah banyak terdapat di hampir seluruh gedung di perkotaan.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Namun, karena perannya sebagai fasilitas umum, tingkat kebersihan dari toilet ini pasti berbeda dengan toilet yang ada di rumah, atau tempat lain yang terjaga kesterilannya. Oleh karena itu, sebelum menggunakan toilet umum, perhatikan beberapa tips berikut, sebagaimana dikutip dari T
Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam
imes of India.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ialah ada atau tidaknya tisu toilet bersih. Jika tidak ada tisu bersih, maka kenyamanan menggunakan toilet sudah pasti terganggu. Selain kenyamanan, tingkat kebersihan dalam toilet juga patut dicurigai, mengingat banyak orang yang menggunakan fasilitas umum ini.


Setelah memasktikan adanya tisu, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan ialah memastikan kebersihan dari kakus yang akan digunakan. Sebelum menggunakan toilet, bersihkan terlebih dahulu tempat duduk toilet, untuk memastikan tidak ada sisa kuman dan bakteri yang menempel. Untuk lebih aman lagi, Anda bisa menggunakan kertas pelapis toilet sekali pakai, yang banyak dijual di pasaran.


Setelah menggunakan toilet, jangan sembarangan menyentuh tombol penyiram, pintu, maupun dinding toilet, karena bisa saja ada kuman dan bakteri berbahaya, yang menempel karena ulah orang yang kurang menjaga kebersihan.


Untuk menyiram, gunakan tisu atau alas lain yang bisa menghindari kontak langsung dari tangan, dengan beberapa titik dalam kamar mandi yang berpotensi mengandung bakteri.


Paling penting dalam menggunakan toilet umum, selalu membersihkan dan mengeringkan tangan. Gunakan sabun yang mengandung antiseptik, dan pastikan selalu mengeringkan tangan hingga kering. Dengan tangan yang bersih dan kering, bakteri dan kuman yang berpotensi buruk bagi tubuh dapat terhindar.


![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya