Tips Memilih Lensa Kontak Terbaik untuk Mata

Ilustrasi kontak lensa
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Tips Memilih Lensa Kontak yang Baik
- Menggunakan lensa kontak pada mata kini bukan hanya untuk menunjang kesehatan, tetapi juga penampilan. Karena itu, banyak pihak yang secara sadar maupun tidak, melakukan penyalahgunaan terhadap lensa kontak. Sesuatu yang berujung pada terganggunya kualitas dan kesehatan mata.

Ini Cara Memilih Lensa Kontak yang Baik

Menanggapi hal ini, Cheni Lee OD, Fiacle, sebagai salah satu pakar lensa kontak level Asia Tenggara, bersedia memberikan tips mengenai bagaimana memilih lensa kontak yang berkualitas dan baik untuk mata. Hal ini bisa dilihat dari beberapa poin, seperti:
Lolos ke Championship Series, Persib Tatap Serius Laga Lawan Persebaya


Bahan lensa kontak


Bahan yang digunakan untuk pembuatan lensa kontak, adalah faktor utama yang bisa diamati dalam mencari tahu bagus atau tidaknya sebuah lensa kontak. Untuk itu, ketahuilah terlebih dahulu bahan apa yang digunakan.


"Bahan yang paling baik untuk lensa kontak ialah yang berbahan sylicon hidrogel. Bahan ini sangat baik, mengingat ketahanannya yang lebih mampu melindungi mata hingga 12 jam untuk pemakaian harian, dan kadar kelembabannya yang begitu baik sehingga tidak membuat mata iritasi.

 

Oksigen


Kandungan oksigen yang terkandung dalam lensa kontak tersebut, juga bisa menandakan kualitas baik yang dimilikinya. Semakin banyak kandungan oksigen di mata, maka dampaknya akan lebih baik dan memercepat proses peyembuhan. Bila kadar oksigen kurang, maka mata akan kering dan terancam gangguan mata bernama hipoksia.


UV Blocking

Apabila sebuah kontak lensa memiliki kandungan UV protecting dan blocking, maka sudah dapat ditebak kualitas baik yang dimiliki produk ini. UV Blocking ini, sesuai namanya, bisa melindungi mata dari gangguan eksternal yang bisa mengancam dirinya. Kandungan ini juga bisa membuat mata tidak mudah silau.


![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya