Cara Terbaik Terhindar dari Meningitis

Ilustrasi meningitis
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Meningitis adalah penyakit yang berbahaya, dan belakangan banyak diperbincangkan. Dalam dunia medis, selalu lebih baik mencegah daripada mengobati, lalu bagaimana cara menghindari terjangkit virus atau bakteri penyebab meningitis?

Dokter Nina Amelia Gunawan dari laman Meetdoctor menjelaskan pada dasarnya, virus maupun bakteri penyebab meningitis seringkali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Seperti Haemophilllus influenza penyebab influenza, Pneumokukus penyebab utama infeksi paru, Mumps sebagai virus penyebab Gondong, dan Salmonella typhosa sebagai penyebab typhoid.

“Berbagai kuman tersebut dapat menyebabkan infeksi pada tubuh yang bila teratasi dengan imunitas kita yang baik, tentunya tidak akan berkembang menjadi meningitis,” ujar Nina.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Sebenarnya tidak ada cara spesifik yang dapat menghindarkan kita dari paparan kuman tersebut. Namun hal itu dapat dicegah dengan memertahankan imunitas.

Serta untuk pencegahan terhadap paparan kuman secara umum, dapat dilakukan dengan gaya hidup sehat, seperti memilih jajanan bersih, mencuci tangan sesering mungkin, serta menutup mulut atau hidung setiap bersin dan batuk. 

Jangan lupa ikuti program #dokterVIVA setiap hari Rabu pukul 10.00 WIB di Twitter @VIVAlife

![vivamore="Baca Juga :"]

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main


Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini


[/vivamore]
Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.(dok Pemprov Sumut)

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Kejuaraan North Sumatera Amateur Open (NSAO) 2024, kembali digelar oleh Persatuan Golf Indonesia (PGI) Sumut. Peserta berasal dari Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina,

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024