Tips Memasak Salmon Ala Koki Kelas Dunia

Ilustrasi ikan salmon
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - menjadi hidangan berkelas yang banyak diburu orang. Rasanya lezat dan mudah dikreasikan dalam berbagai menu hidangan.

Sembilan Sumber Kalsium Selain Susu

Hal ini, diakui oleh Chef Marcus Dybwad, Chef asal Norwegia yang telah lama mengolah salmon Norwegia dan menjadi salah satu salmon terbaik dunia. 

Chef dari The Fat Duck, restoran peraih tiga bintang Michelin dan penghargaan lainnya sebagai restoran terbaik di Inggris dan dunia itu juga mengatakan, salah satu alasan mengapa ia memilih salmon sebagai spesialisasinya di bidang kuliner adalah karena salmon produk yang mudah diolah.

Dybwad saat ditemui beberapa waktu lalu juga berbagi resep mengolah salmon. Berikut ini diantaranya.

Dipanggang

Metode mengolah salmon yang paling mudah adalah dengan memanggangnya. Namun, pertama-tama daging salmon yang masih mentah harus dibumbui terlebih dahulu, lalu didiamkan selama 5-10 menit. Kemudian baru dipanggang dengan temperatur yang sangat rendah. Meski begitu, memasak salmon dengan cara pan-seared juga bisa dilakukan dengan sedikit minyak.

Pan-Seared

Saat memasak salmon dengan metode pan-seared, Anda harus meletakkan salmon ke penggorengan dengan bagian kulit berada di bawah. Setelah dirasa kulit cukup renyah, Anda bisa membalik daging salmon. Pastikan pula Anda tidak membolak-balik salmon terlalu sering karena daging akan kehilangan kelembaban dan menjadi mudah hancur.

Bumbu sederhana

Menurut Dybwad, salmon juga merupakan salah satu jenis seafood yang telah memiliki cita rasa alami sehingga tak perlu mengolahnya dengan cara rumit. Penggunaan bumbunya juga tak perlu berlebihan.

Dybwad mengatakan, saat memasak salmon ia lebih sering menggunakan bumbu-bumbu sederhana yaitu garam, merica, dan rempah segar seperti daun ketumbar. Sebenarnya Anda bisa berkreasi dengan jenis rempah yang digunakan untuk menambah aroma dan cita rasa.

Ia juga mengingatkan agar tidak memasak salmon terlalu lama karena kondisi daging akan mengering dan mudah hancur. Selain itu, nutrisi di dalamnya pun bisa rusak karena suhu panas.

(mus)

Menikmati Salmon Panggang Khas Sunda
![vivamore=" Baca Juga
Ada Salmon di Restoran Ayam Siap Saji
:"]
[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya