Tips Menjaga Kesehatan Organ Hati

Ilustrasi rumah sakit
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Sebagai organ tubuh terbesar, hati memiliki fungsi yang sangat penting dan tanggung jawab yang besar. Keoptimalan fungsi dan kerja dari organ hati, berkaitan dengan proses cerna yang lebih capet, infeksi yang mudah hilang, dan kadar gula darah yang lebih seimbang.

Hal ini, juga berkaitan dengan ketahanan tubuh terhadap racun yang berasal dari luar tubuh. Untuk itulah, kesehatan dan keoptimalan fungsi dan kerja hati harus selalu diperhatikan, agar kesehatan juga bisa selalu dipertahankan.

Sebagai salah satu tindakan yang bisa menyelamatkan organ penyaring racun ini, bisa dilakukan dengan cara mengurangi jumlah racun yang masuk ke dalam tubuh.

Jadi, hal pertama yang harus Anda perhatikan ialah mengontrol dan memilih segala macam asupan yang dikonsumsi. Jangan sembarang memakan makanan dan minuman, terlebih yang memiliki banyak racun, karena makanan tersebut dapat memberatkan kerja organ hati Anda.

10 Buah Bantu Bersihkan Racun di Hati

Times of India melansir, hal yang selanjutnya harus dihindari untuk menjaga kesehatan organ hati ialah alkohol dan rokok. Konsumsi akan dua hal ini sangat tinggi, meski sudah jelas bahayanya dan risiko yang ditimbulkannya.

Tidak tanggung-tanggung, konsumsi alkohol dan kebiasaan merokok, bisa menyebabkan serangkaian penyakit seperti obesitas, depresi, gangguan jantung, hingga menyebabkan kematian.

Tindakan lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan detoksifikasi, atau pengeluaran racun dalam tubuh. Proses detiksifikasi ini, bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Salah satunya ialah dengan mengonsumsi berbagai asupan yang mengandung banyak antioksidan seperti teh hijau, articoke, dan buah pome granate, yang bisa membantu mendetoksifikasi tubuh dan membuat fungsi hati semakin baik. (asp)

Ilustrasi jantung.

Tujuh Cara Mudah Menjaga Kesehatan Organ Hati

Lakukan ini agar kesehatan hati Anda terlindungi secara maksimal.

img_title
VIVA.co.id
19 Oktober 2015