Solusi Hindari Wajah Sembap di Pagi Hari

Ilustrasi kulit wajah
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng
- Pagi hari adalah waktu yang sibuk untuk para pekerja, terutama wanita, karena mereka sibuk berdandan demi penampilan di kantor. Namun terkadang, usaha menunjang penampilan seringkali terganggu dengan wajah bengkak setelah tidur.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

Lalu, apa yang menyebabkan hal tersebut, dan bagaimana solusi menghadapinya? Berikut informasinya dikutip dari
Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly
Times of India .

Kurang hidrasi


Hidrasi, adalah hal yang sangat penting untuk tubuh. Karena, jika hidrasi tidak cukup, beragam dampaknya dapat dirasakan oleh tubuh, salah satunya ialah wajah yang menjadi sembap dan bengkak di pagi hari.


Hal ini disebabkan oleh melebarnya pembuluh darah ketika tubuh kekurangan air, itu lah yang membuat wajah terlihat lebih bengkak dan sembap. Untuk itu, cobalah minum segelas air sebelum tidur untuk menghindari bengkak pada wajah, yang bisa juga terjadi pada bagian kaki dan perut.


Sisa riasan

Setelah menghadiri sebuah acara penting di malam hari, jangan pernah tidur tanpa menghapus
make-up
atau riasan yang Anda gunakan. Karena, untuk beberapa orang yang berkulit sensitif, sisa
make-up
yang tidak dibersihkan, bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan pada kulit wajah ketika pagi datang.


Dalam jangka panjang, kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan gangguan lain pada kulit wajah, seperti iritasi dan gangguan lainnya. Untuk itu, pastikan untuk mencuci wajah dan membersihkan riasan sebelum tidur, agar tidak terjadi risiko yang tidak diinginkan.


Kurang tidur


Waktu istirahat yang kurang, juga bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan pada wajah di pagi hari. Terlebih, apabila pada saat terjaga, Anda mengonsumsi berbagai makanan dan minuman dengan kandungan kafein tinggi.


Untuk itu, biasakan untuk cukup tidur, yakni 7-9 jam setiap malam. Tak lupa, hindari konsumsi minuman beralkohol yang semakin memberikan dampak negatif bagi tubuh.


Konsumsi garam berlebih


Terlalu banyak melahap makanan asin, atau yang mengandung garam, juga bisa menyebabkan pembengkakan. Hal ini karena garam berfungsi mengikat air dalam tubuh, jadi jika kadar garam dalam tubuh berlebihan, air juga akan terikat dan membuat beberapa bagian tubuh membengkak. Untuk itu, awasi konsumsi garam, agar kadarnya tidak memberikan efek samping yang buruk.


Solusi cepat


Ketika mendapati wajah bengkak di pagi hari, cobalah terapi alami yang bisa membantu mengempiskan bagian wajah bengkak, salah satunya mata. Cukup gunakan kantong teh yang sudah dibasahi dan didinginkan, dan aplikasikan pada mata yang bengkak.


Untuk wajah, Anda bisa menggunakan potongan mentimun yang juga didinginkan terlebih dahulu. Aplikasikan selama 10-15 menit, setelah itu bilas, dan rasakan perubahan pada kulit Anda. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya