Turis Kapal Pesiar Mewah Penasaran Lumpia Semarang

Kapal Pesiar Dawn Princess Hamilton
Sumber :
  • Dok.Dawn Princess Hamilton
VIVA.co.id -
Berkunjung ke Tempat Bertarungnya Gladiator di Tunisia
Minat turis asing untuk mengunjungi sejumlah destinasi di Jawa Tengah masih tinggi. Terbukti dengan bersandarnya dua ribu turis asal Australia dan Eropa yang singgah di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Selasa 21 April 2015.

Tanpa Tongsis, Bagaimana Gaya Liburan Turis Zaman Dahulu

Ribuan turis asing itu langsung mengunjungi situs paling bersejarah terbesar di Indonesia yakni Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Tapi, tidak langsung menuju Yogyakarta, para turis yang menaiki kapal mewah itu singgah dulu di Kota Lumpia, Semarang, lalu melanjutkan ke Yogya melalui jalur darat.
Lebih Dekat dengan Keindahan Negeri China


Kapal pesiar mewah yang dimaksud adalah Dawn Princes Hamilton. Berkapasitas penumpang 2.000 orang dan 800 awak, kapal itu mendarat di Pelabuhan Tanjung Emas sekitar pukul 07.00 WIB. Kapal besar dengan panjang 261 meter dinahkodai langsung oleh kapten Jennings asal London, Inggris.


"Ini pertama kali saya singgah di Indonesia. Saya penasaran dengan Candi Borobudur yang merupakan salah satu keajaban dunia," ujar Marlynendle, turis asal Tasmania.


Dia berujar, banyak cerita menarik tentang Jawa Tengah di negara asalnya. Salah satunya, berbagai kuliner unik dan ramah tamah warga.


"Penasaran dengan kuliner nasi goreng dan lumpia makanan khas Semarang," ujarnya.


Dari Semarang, Marlynendle mengatakan rombongan dijadwalkan berlayar ke Teluk Benoa, Bali. Di sana, para turis yang dibawa kapal mewah ini akan menikmati keindahan Bali yang sudah dikenal dunia.


Sementara itu, Manajer Operasional Pelindo III Pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang Wijang Indarto menyatakan, kapal Dawn Princess Hamilton London berpenumpang 2.000 turis ini adalah kapal terbesar yang pernah singgah di wilayahnya. Sebelumnya, sudah ada 12 kapal yang pernah singgah.


Wijang mengatakan, sebanyak 2.000 turis langsung diangkut menggunakan 14 armada bus menuju Magelang. "Kita sambut kedatangan wisatawan asing ini dengan suguhan 250 personel Marching Band dan atraksi tradisional kuda lumping khas Jawa Tengah," kata dia.


Ia berharap berbagai suguhan khas ini akan semakin memicu datangnya turis asing melalui pelabuhan Tanjung Emas Semarang.


"Dengan peningkatan wisatawan ini, maka pendapatan di sektor wisata Jateng akan naik signifikan," ujar dia.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya