Bangun Rumah Murah, Bukan Hanya Mimpi

VIVAnews - Rumah indah menurut Yu Sing adalah rumah yang mengusung pemanfaatan material daur ulang, mudah perawatan, mudah pembuatan, hemat material,  ramah lingkungan, tata ruang yang baik, dan lain sebagainya. Yu Sing juga mengatakan indah tidak selalu harus mahal.

Betulkah rumah bertata arsitektur elegan dan indah bisa dibangun dengan biaya murah? Barangkali jawaban dari pertanyaan ini akan diragukan oleh sebagian besar orang. Namun bagi seorang Yu Sing hal ini adalah mungkin. Bukan tanpa sebab sebab Yu Sing mengatakan demikian. Ia mengulasnya dalam bukunya Mimpi Rumah Murah. Sebuah buku yang bergizi untuk orang awam dan sangat referensial bagi siapapun termasuk bagi para arsitektur dan calon arsitektur.

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor


Rumah Murah Bukan Mimpi

Buku ini berisi kumpulan kisah inspiratif dibalik pembuatan rumah dan disertai perkiraan rencana anggaran dan biaya, luas lahan, dan lain sebagai. Bukan tanpa alasan sebuah rumah didirikan, dirancang, hingga rumah itu nyaman dihuni. Kenyamanan, kisah, karakter, serta perjuangan mengumpulkan ide dan bahan material, hingga fondasi pertama ditanamkan memiliki nilai-nilai ruhani yang perlu kita apresiasi.

Aneka kisah perjalanan desain dengan berbagai metode perancangan dibuka dengan konsep desain daur. Sembilan puluh persen material rumah lama digunakan untuk merenovasi rumah. Dalam mendesain Yu Sing mengakomodasi hobi bercocok tanam sang pemilik rumah dengan suasana lingkungan di sekitar rumah. Yu Sing menyebutnya sebagai Rumah Caringin.

Selain itu, Yu Sing juga mencampurkan desain rumah bergaya tradisional dan modern minimalis. Rumah ini dibangun di lokasi tanah seluas 30 meter persegi milik Heru di Pontianak. Sensasi unik hadir saat cahaya matahari menerobos sela-sela bambu rumah.

Setiap desain rumah dalam buku ini selalu dibuka dengan mengulas desain seusai karakter penghuni. Analisis pada hobi, pekerjaan, dan kesukaan sang pemilik rumah biasanya dijadikan inspirasi untuk mendesain rumah. Sebagaimana dipercaya karakter rumah dipengaruhi oleh penghuninya. Seperti contoh rumah penghobi panjat tebing sebagai ekspresi kebebasan gaya rumah post modernisme.

Rumah hunian tak saja sebagai tempat berdiam dan berlindung, istirahat, bercengkerama dengan keluarga. Lebih sekadar itu sentuhan arsitektural dan cara mengatasi anggaran agar bugjet terkontrol juga merupakan seni dan kreativitas yang perlu terus digali. Maka memiliki sebuah rumah murah dan indah bukan lagi menjadi mimpi. Simak dalam buku Mimpi Rumah Murah yang diterbitkan Transmedia.

Judul     : Mimpi Rumah Murah
Penulis    : Yu Sing

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Logo Agromedia

Pemerintah Republik Oriental Uruguay menjajaki kerja sama Jaminan Produk Halal (JPH) dengan Pemerintah Republik Indonesia.

Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Pemerintah Republik Oriental Uruguay menjajaki kerja sama Jaminan Produk Halal (JPH) dengan Pemerintah Republik Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024