Mencicipi Nasi Timlo, Kuliner Ciamik Khas Solo

Nasi Timlo khas Solo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA co.id - Kota Solo, Jawa Tengah memang kaya akan masakan lezat nan menggoda. Berjalan-jalan di kota kecil sejuk dan asri ini, sayang jika Anda melewatkan kuliner khas kampung halaman Presiden Joko Widodo ini.

Lima Kuliner Indonesia yang Dibenci Orang Luar Negeri

Bagi Anda yang tengah menghabiskan waktu libur Anda di kota Bengawan ini, patut Anda coba kuliner khas daerah Solo. Nasi Timlo menjadi salah satu kuliner khas kota Solo yang legit dan menggigit lidah Anda.

Biasanya Nasi Timlo disajikan secara terpisah. Nasi dalam wadah sendiri, sedang kuah Timlo disajikan dalam mangkuk. Lengkap dengan tambahan krupuk sebagai sajian lengkapnya.

Tiga Hari Wisata Kuliner Keliling Nusantara

Timlo merupakan makanan berkuah sejenis sup yang terdiri dari telur, pindang, bihun yang telah diseduh dengan air panas, jamur kuping, gelantin atau dadar gulung, suwiran ayam dan irisan hati ayam yang disiram dengan kuah sup bening yang lezat.

Meski disiram dengan kuah sup bening, aroma kuah Nasi Timplo begitu menggoda. Terdiri dari beragam rempah-rempah, kuah nasi Timlo menjadi sangat nikmat saat disantap. Beri tambahan kecap akan membuat nasi Timlo semakin legit di lidah Anda.

Kreasi Kuliner Paduan Eropa dan Madiun, Sandwich Pecel

Pada dasarnya Nasi Timlo Solo hampir memiliki kemiripan dengan soto. Bedanya terletak pada komposisi isiannya. Nasi timlo tidak menggunakan sayuran. Potongan sosis berisi daging ayam yang diiris kecil-kecil inilah yang membedakan nasi Timlo dengan soto.

Jika soto menggunakan telur rebus biasa, didalam nasi Timlo menggunakan telur kecap manis. Disajikan dengan taburan bawang goreng, menambah cita rasa dari Nasi Timlo kian menggoyang lidah.

Saat musim dingin atau musim hujan, sajian nasi Timlo hangat sangat pas menemani makan Anda. Harganya pun tidak membuat kantong bolong. Nasi Timlo dibandrol dengan harga Rp. 18.000,00/ porsi. Anda akan dapat dengan mudah menemukan nasi Timlo di warung makan sekitar kota Bengawan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya