Ketahui Bahaya Kuteks untuk Kuku

Ilustrasi kuteks atau cat kuku
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Kuteks Berisiko Munculkan Jamur Kuku
- Memoles kuku dengan perawatan manikur menjadi hal wajib bagi beberapa wanita. Terutama mereka yang tinggal di kota besar. Namun sebenarnya, ada hal yang harus diperhatikan dalam perawatan tersebut, apakah kuku bisa 'bernapas'?

Waspada Ancaman Kesehatan Pakai Cat Kuku

Pada kenyataannya, kuku tidak benar-benar diberi ruang saat Anda melakukan manikur. Dr. Dana Stern, dokter kulit dan kuku menjelaskan bahwa hal ini dikarenakan saat kuku menerima nutrisi dan oksigen dari aliran darah, kondisi kuku tidak mendapatkan udara.
Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen


"Ketika cat kuku didiamkan selama satu bulan, biasanya timbul granulasi keratin. Ini adalah kondisi saat timbul warna putih pada kuku yang terbentuk saat cat akan dihapus bersama dengan lapisan permukaan sel kuku," kata Stern, seperti dilansir
Huffington Post.

Sebaiknya, Dana menyarankan, agar ada jeda dalam pemakaian pewarna kuku. Setidaknya tiga minggu, tergantung pada tingkat kerusakan.


"Bila Anda mengalami pengelupasan berlebihan, kering, dan perubahan warna, sebaiknya istirahatkan kuku dari berbagai kosmetik. Ini untuk menjaga agar terjadi regenerasi sel-sel kuku," jelas Stern.


Perubahan warna kuku juga bisa menjadi tanda penuaan. Bahkan beberapa kasus menunjukkan beberapa penyakit, sehingga harus ditangani oleh dokter kulit.


Lebih lanjut Stern menjelaskan, bentuk sel-sel kuku mirip dengan ubin atau genteng di atap.


"Ubin ini terbuat dari protein. Khususnya keratin seperti rambut. Sel-sel ini sangat halus dan dapat rusak bila terlalu sering dipakai bahan kimia tertentu," katanya.


Bahan kimia paling umum jadi penyebab kerusakan pada kuku adalah aseton. Cairan ini biasa digunakan untuk menghapus cat pada kuku. Aseton menyebabkan kondisi kuku rapuh dan kekeringan.


Mengelupas cat secara tidak sengaja dapat menghilangkan lapisan superfisial sel kuku dan menghasilkan bercak putih. Disarankan untuk mengoleskan minyak kutikula untuk regenerasi kulit.


"Anda juga dapat menjaga kuku sehat dan kuat dengan memakai sarung tangan saat melakukan pekerjaan rumah tangga," kata Spern.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya