Khasiat Teh Hitam Versus Teh Hijau

Ilustrasi teh hijau
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Lima Manfaat Teh Hijau Dicampur dengan Madu
- Teh telah lama disebut sebagai minuman terbaik di dunia setelah air putih. Tanaman teh memang telah lama dikonsumsi manusia sejak pertama kali dibudidayakan terutama di China dan Jepang.

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Bicara mengenai teh, yang pertama kali dikenal orang sejak zaman dahulu ialah teh hitam. Namun, seiring berjalannya waktu teh hijau yang menjadi primadona. Lalu apa sebenarnya perbedaan antara kedua teh ini?
Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi


Bagi Anda yang belum mengetahui, bahan baku untuk membuat teh hitam dan teh hijau sama. Keduanya berasal dari daun teh yang kadar airnya mencapai 80 persen. Hal itu disampaikan Teguh Kustiono, Direktur PT KBP Chakra, perusahaan penyuplai teh hijau di Indonesia.


"Perbedaannya, daun teh hitam diproses dengan cara dioksidasi, menyebabkan enzimnya bekerja melayukan dan menurunkan antioksidan catechin,” katanya, dalam acara Nu Green Tea Pelopori Kampanye Edukasi Kebaikan Teh Hijau bertajuk "Green Tea Adventure" di Ciwidey, Bandung, Selasa malam, 28 April 2015


Sedangkan teh hijau dihasilkan dari daun teh yang baru dipetik dan langsung diproses sehingga enzimnya belum aktif dan antioksidannya terjaga.




Teguh mengatakan total waktu pengolahan teh hijau dan teh hitam pun berbeda, yakni 20 jam untuk teh hijau dan 25 jam untuk teh hitam.


Selain antioksidan, kandungan nutrisi di dalam teh hijau pun baik karena tidak melalui proses oksidasi. Salah satunya ialah klorofil atau zat hijau daun. Inilah yang kemudian menurut Teguh memengaruhi karakter fisik dan rasa teh hijau.


"Kalau teh hitam warnanya lebih gelap, cokelat kehitaman dibandingkan teh hijau, yang warnanya lebih segar yaitu hijau muda. Rasanya juga masih ada sepet-sepet daun," jelas Teguh.


Menurut sejumlah studi yang pernah dilakukan, proses oksidasi atau proses pelayuan yang berfungsi untuk menon-aktifkan enzim pada teh membuat kandungan antioksidan catchecin di dalam teh biasa seperti teh hitam berkurang.


Sementara itu, teh hijau memiliki kandungan antioksidan cathecin yang lebih banyak dari teh biasa karena tidak mengalami proses pelayuan oksidasi dalam pengolahannya. Itulah mengapa teh hijau pun terkenal sebagai salah satu minuman yang sangat kaya manfaat.


Sebagai informasi, kampanye yang dilakukan produk minuman ini, bertujuan untuk mengedukasi publik mengenai kebaikan teh hijau, yang berasal dari daun teh baru yang langsung diolah sehingga kandungan nutrisi di dalamnya pun tetap terjaga.


"Tahun 2005 lalu kategori teh hijau di industri teh Indonesia masih 5 persen. Sekarang sudah 25 persen. Itu karena sekarang orang sudah mulai beralih, dari peminum teh hitam ke teh hijau. Orang ingin semakin sehat dan berumur panjang," tambah Rena Lesmana, Brand Manager PT ABC President Indonesia.




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya