Gondongan? Waspadai Risiko Kanker!

Ilustrasi Sakit Leher
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Gondongan, adalah istilah bagi terjadinya peradangan pada kelenjar ludah, yang menyebabkan terjadinya pembengkakan. Penyakit ini, biasanya disertai dengan demam yang umumnya menyerang anak di bawah umur, yang masih memiliki sistim metabolisme yang lemah. Gejala gondongan, selama ini dianggap sebagai salah satu penyakit yang ringan, yang hanya ditangani dengan pengobatan seadanya.

Momen Lebaran, Bos Pos Indonesia Tegaskan Nonstop Layani Transaksi Masyarakat

Namun tahukah Anda, gondongan bisa menjadi pertanda dari gejala kanker?

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menyatakan bahwa, gejala gondongan, atau bengkak di bawah rahang bisa menjadi gejala awal dari penyakit kanker. Kanker yang mengancam bernama kanker limfoma, yang tak sepopuler jenis kanker lain, namun sangat berbahaya dan mematikan.
12 Adab di Hari Idul Fitri yang Perlu Dilakukan Umat Muslim

"Peradangan yang terjadi pada gejala gondongan, bisa memicu munculnya sel kanker, seperti peradangan pada sel lain dalam tubuh," ujar Profesor Willie Hamilton, dari University of Exeter Medical School. 
Pengemudi yang Gagal Drift hingga Tabrak Starling dan Ojol Diamankan Polisi

Limfoma ini, menurut Times of India, tercatat telah menyerang lebih dari 1.500 orang di Inggris setiap tahunnya, di mana 500 di antaranya dilaporkan meninggal dunia. Hal ini terjadi, karena keluhan dan gejalanya seringkali disepelekan oleh penderita, sehingga penanganannya terlambat. 

Pernyataan serupa, dinyatakan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Oxford University, yang juga menyatakan bahwa gejala gondongan bisa memicu adanya kelainan pada kelenjar ludah yang memicu peradangan, yang memberi risiko kanker. Keduanya, menganalisis gejala limfoma pada penderita berusi 40 tahun ke atas. Penelitian ini menyimpulkan, sebanyak 283 dari 1.237 orang pengidap limfoma, terdeteksi memiliki gejala gondongan, yang tidak ditangani dengan baik. 

Untuk itu, gondongan seharusnya menjadi penyakit yang tidak boleh disepelekan. Karena, jika keluhan dianggap enteng, Willie mengatakan, "mencegah gondongan bisa dilakukan dengan memenuhi nutrisi baik dalam tubuh, khususnya kandungan vitamin E dan C, yang bisa menghentikan peradangan dan menjauhkan tubuh dari risiko kanker yang membahayakan."
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya