Manfaat Pisang Bagi Petumbuhan Remaja Putri

Pisang
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id
Manfaat Pisang untuk Atasi Masalah Kewanitaan
- Mengenal khasiat buah pisang, tentunya bukan lagi hal yang asing bagi kita. Ragam nutrisi dan vitamin yang dimilikinya, terbukti dapat menyehatkan tubuh. Selain multivitamin yang dimiliki, ternyata pisang juga memiliki kandungan yang tak kalah berguna untuk tubuh, yakni potasium.

Lima Manfaat Ajaib Pisang untuk Kulit Wajah

Berbicara tentang potasium, sebuah penelitian berhasil menemukan fakta mengenai manfaat dari nutrisi ini bagi tubuh, khususnya untuk para anak dan remaja yang masihdalam proses pertumbuhan.
Tingkatkan Konsentrasi Anak dengan Pisang


Dilansir dari New York Times, Sebuah penelitian berhasil mengamati kebiasaan makan pada lebih dari 2185 anak dan remaja perempuan yang berusia 9 dan 10 tahun, seraya mengukur kadar tekanan darah dalam tubuhnya.


Penelitian ini dilakukan selama 10 tahun, untuk mengetahui perkembangan yang terjadi pada peserta dengan kebiasaan makan yang berbeda-beda.


Dalam penelitian ini, para ahli membandingkan 2 pola makan untuk mengetahui pengaruhnya pada kadar tekanan darah pada tubuhnya ketika dewasa. Kedua pola tersebut yakni pola makan rendah garam, dan pola makan tinggi potasium.


Dari kedua pola makan yang dibandingkan oleh peneliti, diperoleh kesimpulan, bahwa pola makan yang melibatkan potasium adalah pola makan yang terbukti lebih ampuh menjaga dan menyeimbangkan tekanan darah pada remaja, ketika beranjak dewasa.


"Pola makan rendah garam, hanya mampu mengontrol tekanan darah dalam kurun waktu sementara," ungkap Lynn L. Moore, salah satu ahli yang melakukan penelitian ini.


Selain itu, Lynn menyatakan bahwa remaja putri yang melahap makanan dengan kandungan potasium tinggi, terbukti memiliki tekanan darah terkontrol ketika beranjak dewasa.


Lynn mengatakan, beberapa kandungan makanan dengan potasium seperti pisang, yogurt, kiwi, serta kentang, seharusnya menjadi menu yang selalu disertakan dalam kudapan harian Anda. "Konsumsilah potasium sebanyak kurang lebih 4.700 miligram per hari, untuk hasil yang maksimal," ujar Lynn.


Hal ini tentunya bisa menyelamatkan generasi muda, dari risiko terkena penyakit berbahaya ketika dewasa. Tidak hanya satu, penyakit yang mengancam masa tua ini, terdiri dari berbagai jenis panyakit seperti stroke, obesitas, hingga hipertensi, yang menyebabkan kematian. 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya